#temanmain27 : I Can Make Robot

 Online Workshop Membuat Robot


Hallo Sahabat Teman Main..


Siapa yang suka bermain robot? Pernah terpikir membuat robot sendiri? #TemanMain27 kali ini kita online playdate berjudul “I Can Make Robot!”


Selama ini playdate Teman Main selalu dilaksanakan dengan mengunjungi tempat-tempat edukatif. Namun, semenjak virus corona mewabah, kegiatan field trip sementara dihentikan.


Akan tetapi, tak perlu bersedih karena kita masih dapat bermain dan belajar bersama secara daring. Playdate ke-27 kali ini untuk pertama kalinya Teman Main melakukannya via online.


30 Agustus 2020 lalu, Teman Main bekerja sama dengan Kokaro.id merakit robot yang diberi nama “Rotako” alias Robot Tabungan Koin. Rotako mengajak kita untuk rajin menabung. Setiap kali Rotako diberi koin, ia akan “memakan” koin tersebut.


Sahabat Teman Main tentu tak sabar menanti sesi merakit robot bersama Kak Anton dari Kokaro.id. Banyak ya bagian-bagian robot. Ada yang berbentuk bulat, persegi panjang, dan sebagainya. Kepingan-kepingan ini perlu dipasang sesuai instruksi. Nampak Sahabat Teman Main dapat bekerja sama dengan Papa dan Mama untuk merakit Rotako nya.


Ada juga bagian yang perlu diarsir menggunakan pensil. Kak Anton menjelaskan, jika mesin diberi oli supaya lancar bergerak, sedangkan kayu bisa diberi arsiran pensil. Rupanya isi pensil dapat menjadi pelumas kayu, lho.


Di bagian akhir, Sahabat perlu memasang kabel dengan benar. Jika sambungan kabel dengan baterai tidak terpasang dengan benar, Rotako akan berputar terbalik atau bahkan tidak bergerak.



Wah, sejam berlalu dengan cepat. Rotako milik Sahabat Teman Main pun sudah selesai dirakit. Hore … kita berhasil membuat robot!


Sekarang, coba letakkan uang koin di atas mulut Rotako. Apa yang terjadi? Apakah mulut Rotako berputar memasukkan koin ke tubuhnya? Jika tidak berputar, coba arsir kembali bagian samping Rotako. Terus berusaha, ya!


Robot tabungan koin ini juga dapat dihias sesuai selera, misalnya diwarnai dengan spidol. Hasilnya akan semakin menarik dan membuat rajin menabung. Seruu.


Kalau tabungan Sahabat Teman Main sudah banyak, mau digunakan untuk apa?


TEMAN MAIN
Explore.. and.. FUN..!


#temanmain27
30 Agustus 2020
Ditulis oleh Helena Mantra


 


No comments:

Post a Comment

Pages