#temanmain33 : Berkenalan dengan Bakteri


Berkenalan dengan bakteri


Hallo sahabat Teman Main..

Pada hari sabtu, 20 November 2021, sahabat teman main berkenalan dengan bakteri yang dipandu oleh dr. Amanda. Hmm... kira-kira apa saja ya yang dibahas? yuk langsung saja, check it out!!

Bakteri memiliki bentuk yang sangat kecil dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Eits... tetapi tenang saja teman-teman, kita dapat melihatnya dengan bantuan mikroskop loh..

Eh tapi, sebenarnya apa sih bakteri itu? Bakteri adalah kelompok mikroorganisme ber sel satu atau hanya memiliki satu sel saja. Selain bakteri, jamur dan virus juga termasuk mikroorganisme. Seperti halnya manusia, bakteri-bakteri jahat memiliki tempat favorit loh... Hmm, kira-kira dimana aja ya bakteri suka bermain?









Yups, benar sekali. Bakteri jahat menyukai tempat-tempat yang kotor, seperti pada baju yang kotor, kuku yang tidak pernah dibersihkan, dan tempat-tempat lain yang kumuh. Oleh karena itu, kita semua wajib menjaga kebersihan agar bakteri jahat tidak mendekati kita. Sehingga kita semua tetap terjaga kesehatannya. Menyenangkan bukan jika tidak berteman dengan bakteri jahat? 

Nah, setelah kita mengetahui apa itu bakteri dan dimana bakteri bermain, selanjutnya kita akan berkenalan dengan beberapa bakteri jahat. Eh tapi kenapa ya kita harus berkenalan dengan bakteri jahat? kita ‘kan tidak mau berteman dengannya? Wah.. jangan salah teman-teman, kita wajib banget nih berkenalan dengan mereka, agar kita tahu apa aja sih kesukaan mereka sehingga kita dapat menghindari hal-hal yang disukai mereka. Beberapa bakteri jahat yaitu bakteri Shigella dysenteriae dan bakteri Streptococcus.

Bakteri Shigella dysenteriae merupakan bakteri yang menyebabkan penyakit disentri, penyakit ini ditandai dengan adanya lendir pada kotoran manusia. Bakteri ini dapat mengeluarkan racun yang bisa merusak usus manusia. bakteri Shigella tinggal di air yang kotor, di dalam taah, dan suka dibawah kuku yang kotor. Biasanya bakteri Shigella  ini ada di badan lalat, lalu saat lalat hinggp di makanan, bakteri Shigella dapat masuk ke dalam usus manusia, yang akan menyebabkan diare. 

Nah dari penjelasan tersebut, kita jadi tahu ya teman-teman, bahwa hobi dari bakteri Shigella membuat sakit perut. Lalu, bagaimana cara kita menghindari bakteri Shigella? Eits.. teman-teman tidak perlu takut, karena ternyata bakteri Shigella memiliki kelemahan loh.. Bakteri Shigella dapat mati apabila ia terkena sabun. Oleh karenanya, sebelum dan setelah makan kita wajib mencuci tangan, agar bakteri Shigella dapat mati dan kita terhindar dari penyakit diare. Selain itu, kita juga harus mencuci buah dan sayur dengan bersih untuk mencegah adanya bakteri Shigella yang hidup.

Bakteri Streptococcus berada di saluran napas, apabila daya tahan tubuh menurun dapat menyebakan sakit. Bakteri ini dapat menyebabkan radang paru-paru, sehingga manusia dapat mengalami batuk, radang saluran napas, radang selaput otak, dan radang telinga tengah. Bakteri Streptococcus dapat menular dengan saluran pernapasan dan droplet. Seperti halnya bakteri Shigella, bakteri Streptococcus dapat kita hindar dengan memakai masker yang baik dan daya tubuh baik. Bakteri Streptococcus dalam jumlah banyak dapat menyebakan penyakit.

Selain bakteri jahat, bakteri baik jug ada loh di sekitar kita. Bakteri baik ini membantu kita mencerna makanan, adapun makanan yang banyak mengandung bateri baik yaitu yoghurt, keju, acar, tahu, tempe.

Wah.. seru banget ya berkenalan dengan bakteri!! Akhirnya kita semua telah berkenalan dengan bakteri jahat dan baik, dimana tempat tiggalnya, dan apa saja kelemahannya. Dari semua yang dijelaskan oleh dr. Amandia, sahabat teman main jadi lebih bijak ketika akan melakukan sesuatu dan menjaga kebersihan agar terhindar dari bakteri-bakteri jahat.


TEMAN MAIN

Explore.. and.. FUN..!

#temanmain33
20 November 2021

Ditulis oleh Putri Styaningrum


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Pages