Kulwap Ngobrol Santai Seputar Robotik

 

Kulwap Ngobrol Santai Seputar Robotik

Jumat, 14 Agustus 2020

Jam 19.00 - 20.00 WIB

Narasumber : Kak Anton Kokaro


BIODATA NARASUMBER

Nama : Anton Widarmono

Pendidikan : D3 Teknik Elektro UNESA.

Aktifitas di Dunia Robotika :

1. Guru ekstra robotika sejak  2009.

2. Fasilitator workshop robotika sejak 2012.

3. Juri lomba robot nasional dan internasional.

4. Produsen kit robot edukasi.


MATERI

Berbicara mengenai hal-hal atau aspek-aspek yang dapat mendukung kecerdasan anak akan selalu menjadi hal yang menarik untuk para Mama termasuk Mama-mama Teman Main. Bersama dengan narasumber dari KOKARO (Komunitas Kampung Robot) kali ini Mama Teman Main akan berbincang santai perihal dunia robotik. Seru sekali lho materinya. Yuk disimak :)


APA ITU ROBOT

Sejak ditemukannya komponen elektronika modern, kita sudah hidup berdampingan dengan robot. Alat bantu yang kita gunakan setiap hari beberapa bisa disebut robot. Alat atau benda disebut robot jika memiliki 3 unsur pembentuknya yaitu :

1. Input

Bagian yang mampu menerima data, perintah atau mendeteksi perubahan lingkungan di sekitarnya. bagian input biasanya berupa sensor.

Sensor ada bergai macam, tergantung dari data yang akan diambil atau dideteksi. Jika data yang akan diambil adalah suhu lingkungan, maka digunakan sensor suhu; jika yang dideteksi adalah hujanatau ketinggian air tandon, maka digunakan sensor air.

2. Proses

Bagian yang mengolah data dari sensor menjadi perintah yang akan diteruskan ke bagian output. Bagian ini bisa berupa rangkaian elektronik, komputer atau rangkaian mekanik.

Pada bagian inilah aksi dari sebuah robot diproses. Prosesnya bisa analog dan digital.

3. Output

Bagian yang melakukan aksi atau tindakan sesuai perintah bagian Proses. Aksi yang dilakukan bisa berupa gerakan dan sinyal. Aksi dari Bagian output bisa dirasakan manfaatnya oleh manusia.

Nah, kira-kira alat apa saja yang ada di sekitar kita yang dapat disebut robot?

ROBOT SEBAGAI MEDIA BELAJAR

20 tahun terakhir, robotika sudah dimanfaatkan di dunia pendidikan. Pada level pendidikan tinggi, robotika sudah dikembangkan untuk kemajuan industri dan meningkatkan kehidupan manusia.

Pada level pendidikan dasar, robotika digunakan sebagai media belajar, yaitu media untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan bidang lain. Istilah yang digunakan adalah STEAM.

STEAM adalah singkatan dari Sience, Technology, Engineering, Art dan Mathematics.

1. Sience

Robot digunakan untuk mempelajari ilmu pengetahuan alam. Misalnya: Rotako/robot tabungan koin (gambar) bisa digunakan sebagai alat peraga untuk mengetahui jenis-jenis benda, apakah termasuk konduktor atau isolator. jika benda termasuk konduktor kemudian diletakan di tangan Rotako, maka Rotako akan bergerak menelan benda tersebut, jika bukan, maka rotako tetap diam.

2. Technology

Robot erat kaitannya dengan teknologi, semakin banyak kemampuan robot, maka semakin canggih teknologi yang digunakan. Untuk media belajar, robot dapat digunaan untuk mengenalkan teknologi kepada anak-anak. mulaidari dasar rangkaian listrik, bagaimana listrik mengalir, bagaimana merubah energi listrik menjadi energi gerak dan banyak lagi.

3. Engineering

Robot juga erat kaitannya dengan engineering atau rekayasa, baik rekayasa teknologi atau rekayasa sosial.

Untuk media belajar, robot bisa digunakan untuk menjelaskan bagaimana pesawat sederhana bekerja, perpaduan gir dan roda, bentuk mekanik dan lain-lain.

4. Art

Robot tidak bisa dipisahkan dari keindahan atau art. robot yang digunakan untuk pelayanan dan hiburan bentuknya harus menarik perhatian. Sebagai media belajar, anak-anak dapat diberi tantangan menghias robot tapi tidak boleh mengganggu fungsi dan cara kerja robot. Biasanya bagian ini yang paling seru dalam sebuah kegiatan.

5. Math

Matematika adalah bahasa universal yang dapat dipahami oleh manusia dan mesin/komputer. Manusia bisa berkomunikasi dengan mesin/komputer menggunakan matematika.

Sebagai media belajar, robot bisa digunakan untuk belajar matematika, misalnya bagaimana mengukur jarak, menghitung keliling lingkaran, dan lain-lain.

MANFAAT ROBOTIKA

1. Creativity

Robotika dapat digunakan untuk menggali kreatifitas anak. Misalnya bagaimana anak menghias robot supaya menarik, memodifikasi robot supaya fungsinya bertambah atau membuat bentuk baru sesuai ide kreatifnya.

2. Confidence

Robotika dapat digunakan untuk memupuk rasa percaya diri anak. Anak berlatih menyampaikan ide dan mempresentasikan karyanya kepada orang lain. Dengan bimbingan yang baik, anak akan yakin dan percaya diri aat sedang mengerjakan sesuatu, misalnya merakit robot atau membuat robot.

3. Collaboration

Pada umumnya, robot sulit untuk dibuat sendirian, dibutuhkan teman atau tim untuk merancang, membuat dan menjalankannya. Dalam lingkungan pendidikan, anak belajar bekerjasama dengan teman untuk merakit sebuah robot atau menjalankan sebuah robot. Di lingkungan rumah, kolaborasi bisa dilakukan bersama saudara atau orang tua.

4. Problem Solving

Robotika juga dapat digunakan melatih anak untuk mencari solusi dari masalah yang dialami. Misalnya bagaimana membuat alatyang dapatmembuat lampu taman bisa otomatis hidup saat malam tiba dan padam saat siang hari.

Q&A

1. Moderator

Pertanyaan : Ceritain dong Kak sedikit tentang Komunitas Kampung Robot.

Jawab :

Komunitas Kampung Robot (kokaro), dibentuk th 2001 oleh kak Arief Yudanarko.

saat itu beliau memenuhi tantangan mentornya untuk membawa robotika ke dunia pendidikan dasar dan menengah.

saya sendiri bergabung di kokaro th 2010, awalnya sebagai tim RnD, kemudian menjadi koordinator kegiatan offline dan koordinator kokaro Sidoarjo. Sampai saat ini kokaro sudah melakukan kegiatan pelatian fasilitator, workshop dan lomba robot hampir di semua pulau di Indonesia. kalau Propinsi belum semuanya.


2. Mama Tsaqief

Pertanyaan :

Kebetulan anak saya lagi penasaran banget sm robotik.. untuk anak usia 7-8 tahun, apa bisa belajar robotik? Memulainya dari apa dan bagaimana pak?

Ada kekhawatiran sy kalau langsung di leskan takut ga nyambung krna belum pernah sama sekali belajar ttg robotic

Jawab :

Jika anak  penasaran dengan robotika, dipastikan dulu tertariknya di bagian apa.

Robotika modern ada 3 bagian utama.

1. Mekanik

2. Elektronik

3. Pemrograman/coding.

Pengalaman saya, tiap anak berbeda ketertarikannya. Ada yg suka semua, ada yang cuma salah satu saja. Tapi semua bisa dipelajari, hanya porsinya disesuaikan.

Misalnya, jika anak senang di bagian coding, maka bisa meminta ke guru lesnya untuk lebih banyak porsi codingnya, nanti anak akan belajar dengan sendirinya bagian mekanik dan elektronik saat dia butuh.

Untuk mengetahui anak tertarik di bagian apa, kita fasilitasi dulu, berikan beberapa kit robotik. Di kokaro, saya mendesain beberapa robot dengan tingkat kerumitan berbeda di tiap bagian. Ada yang rumit di mekaniknya, ada yang rumit di elektronikanya dan ada yang khusus untuk belajar coding.

Tanggapan (1) :

Sepertinya anak saya suka di bagian mekaniknya pak..

Jawaban tanggapan (1) :

Untuk mendalami mekanik, bisa menggunakan kit-kit pabrikan atau membuat sendiri. Banyak chanel youtube yg membahas tentang DIY ROBOTIK.


3. Mama Helena

Pertanyaan :

Anak saya suka main building blocks seperti lego. Kalo dikenalkan ke dunia robotik apa lebih mudah? Contoh mengenalkan robotik buat anak usia 5 th seperti apa ya?

Jawab :

Untuk anak-anak, robotika sifatnya sebagai media belajar. Jadi targetnya bukan memahami ilmu robotika, tapi menggunakannya sebagai media untuk mengenalkan sains, teknologi, engineering, art dan matematika. Seperti yg saya sapaikan di materi awal.

Contohnya anak2 saya yg berusia 6 dan 3 th. Saya tidak mengajari mereka secara langsung, tapi krn mereka tiap haru melihat kegiatan saya, sekarang kakak bisa mengganti batrei mainannya sendiri, memasang charge hp saat low bat. Sedangkan adiknya tahu kapan harus meminta batrri baru untuk mainannya.

Tanggapan (1) :

Makasih jawabannya kak Anton. Mengenalkan robotik buat anak usia dini berarti simple ya dg benda2 di sekitar, yg ada di rumah.


4. Mama Dinie

Pertanyaan :

Anak saya sangat tertarik dengan elektronika. Sedangkan saya lemah di bidang itu. Saya sering sekali bermain sains dengan anak saya, beberapa kali temanya listrik, dari konduktor-isolator, bikin odong2 pakai dinamo mobil, dan akhirnya dia ketagihan dan minta terus diajarkan, sedangkan ilmu saya seputar elektro terbatas. Terakhir bikin sel volta pakai lemon. Ada ide seru bermain robot lain yg gampang untuk si ibunya ini ajarkan ke anak ga kak? Udah kehabisan ide soalnya.

Jawab :

Untuk belajar elektronik memang butuh pembimbing. Ada banyak hal yg harus dipelajari.

Kebetulan saya juga orang elektronik. Saya belajar elektronik sejak SD, tapi baru ketemu guru saat SMP kls 3.

Memang harus dengan bimbingan. Bisa online atau offline.

Tanggapan (1) :

MasyaAllah tabarakallah.. iya kak. Tp saya ga mahir di elektro sama coding (apalagi ini remedial mulu) Bisanya cuma di mekaniknya aja jadi skr kebingungan.


5. Mama Fadhil

Pertanyaan :

Berkenaan dgn ini..

Apa anak harus belajar ketiga hal itu (mekanik, elektronik dan coding) supaya bisa robotik?

Tahapannya ketika misal anak saya sudah bisa mekanik, selanjutnya apa?

Jawab :

Untuk bisa robotik tidak harus bisa semua, tapi minimal tahu dasarnya. Dimaksimalkan saja kekuatannya di mana. Salah satu manfaat belajar robotika adalah melatih kemampuan untuk berkolaborasi.

Setelah belajar mekanik, biasanya anak akan dengan sendirinya belajar yg lain.

Contoh:

Awalnya anak berhasil membuat mekanis robot pemindah barang seperti forklif. Setelah itu anak akan tertarik bagaimana caranya supaya mekaniknya bisa bergerak otomatis dan kemudian akan berusaha membuat mekaniknya bisa menedeteksi barang yang akan diambil, dst.

Tanggapan (1) :

Noted pak...

Memaksimalkan kekuatan...

Terimakasih pak anton...

Jadi terbayang langkah2 untuk anak sy belajar robotik ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

 

6. Mama Helena

Pertanyaan :

Kak Anton, mau tanya lagi. Saya awam banget tentang robotik.

Kalau suka dg memasang komponen sesuai petunjuk tapi ga paham tentang kabel-kabel berarti ini robotik yang bagian apa ya?

Jawab :

Lebih ke bagian mekanik.

Mudah memahami susunan sesuai tutorial.

Kalau elektronika, lebih kepada memahami bagaimana rangkaian bekerja, fungsi komponen, dan pada level mahir akan dapat mendesain rangkaian sendiri.

Tanggapan (1) :

Masya Allah.. ternyata demikian ya.

Sepertinya anak-anak mengenal mekanikanya dulu ya kak  baru setelahnya mengenal elektronikanyadan  terakhir baru coding.. gt ya kak umumnya?

Jawab tanggapan (1)

Iya. Robotika pada awalnya memang hanya berupa susunan mekanik.

Karakuri dari jepang yg muncul di abad 18-19 hanya berupa mekanik.

Tanggapan (2)

Jadi penasaran ini kan detail  ya ternyata untuk bikin 1 robot..๐Ÿ˜ klo Kak Anton sendiri butuh berapa lama untuk merancang design 1 robot kak?

Jawab tanggapan (2)

Saya mendesain mekanik robot bervariasi tergantung tingkat kemudahan saat dirakit.

Semakin mudah dirakit, semakin lama saya mendesainnya.

Lho yg mudah kok lebih lama? Itu karena menyederhanakan yang rumit itu tidak sederhana. ๐Ÿ˜…

Tanggapan (3) :

Kenapa Kak Anton suka sekali robot bahkan sekarang jadi designer robot?

Apakah ini cita2 Kakak dr kecil?

Jawab tanggapan (3) :

Saat SD saya terinspirasi oleh film Knight Rider. Ada yg tahu?

Mobilnya bernama KITT yang bisa bicara dan bergerak sendiri itulah yg membuat saya jatuh cinta dg teknologi. Awalnya saya mempelajari elektronika karena dunia itu yang mampu saya jangkau saat itu.

Robotika setahu saya baru populer sekitar tahin 90an, itupun di perguruan tinggi.

Setelah lulus kuliah, saya sempat menjalani profesi sebagai teknisi.

Berbekal ilmu elektronika yang saya kuasai, saya ketemu dengan teman-teman pengajar robotika di sekolah-sekolah dan saya mulai menemukan dunia yang saya impikan saat masih kecil dulu.

Tanggapan (4)

Dari tontonan pun ternyata kita bisa menstimulasi anak-anak untuk berkelana ke depan ya terutama tentang teknologi. Sangat menginspirasi..

Terimakasih banyak ya Kak Anton untuk waktu dan sharing ilmunya. Bergizi semua dan membawa pengetahuan baru bagi kami Mama-mama Teman Main yg mendampingi anak-anak belajar dan bermain di rumah.

Demikian ringkasan Q&A bersama dengan KAk Anton dari KOKARO. Akhir kata Kak Anton berpesan bahwa Robotika sendiri hanya sebagai media kita untuk  belajar. Jadi kita tentukan dulu targetnya yaitu :

1.      Untuk anak usia dibawah 9 th, robotika disampaikan sebagai mainan yg menyenangkan.

2.      Untuk anak 9 - 12 th, robotika disampaikan sebagai salah satu pilihan keahlian yg bisa dikuasai.

Sebagai orang tua, robotika bisa dijadikan pilihan media untuk membersamai anak-anak dan meningkatkan bonding dengan anak.


Kulwap dirangkum oleh Kak Harty ๐Ÿงก




-SELESAI-


No comments:

Post a Comment

Pages