#temanmain23 : The Cans Adventure

Keseruan Berpetualang di Kampung Kaleng


Hallo Sahabat Teman Main..

Beberapa waktu lalu di kegiatan #temanmain23, sahabat Teman Main berkesempatan berkeliling Kampung Kaleng yang berlokasi di Kampung Dukuh Atas, Pasir Mukti, Citereup, Bogor.

Wah jauh kan kali ini main-mainnya. Lalu ngapain aja ya disana?

Nah berikut cerita ulasannya.



KAMPUNG KALENG

Jadi Kampung Kaleng merupakan kawasan sentra perajin berbahan logam yang terletak di Bogor. Disini berkumpul para warga yang berprofesi sebagai perajin logam sehingga menjadikan daerahnya menjadi salah satu UMKM unggulan Kabupaten Bogor. 

Oh ya, logam dalam bahasa Citeureup sering disebut dengan Kaleng. Apapun jenis logam, alumunium, stainless maupun galvanium maka tetap disebut oleh mereka dengan istilah kaleng. Tak heran kenapa akhirnya masyarakat sekitar menyebut daerah ini menjadi Kampung Kaleng.

 Visit ke Rumah Penduduk Lokal Produsen

Kegiatan sahabat Teman Main yang pertama di awali dengan berkunjung ke beberapa rumah penduduk lokal disana, mereka adalah perajin di daerah ini.

Salah satu rumah yang kami singgahi adalah kediaman Bapak S. Saat kami berkunjung, sang bapak sedang bekerja membuat wadah untuk menyiram tanaman. Sahabat Teman Main juga blohe lho ikut mencoba mengerjakannya. 




Tak lupa sebelum pamit kami membeli produk-produk yang Bapak S jual, seperti kaleng kerupuk, celengan dan juga penyiram tanaman.



Visit ke Pusat Distributor Terbesar di Kampung Kaleng

Setelah mengetahui proses pembuatannya seperti apa, kini saatnya sahabat Teman Main mampir ke pusat distributor yang terbesar di daerah ini. Seluruh produk yang dijual sudah pasti hasil karya dari penduduk lokal disini. Soal harga dijamin jauh lebih murah dibanding jika sudah mendarat di toko-toko yang berada di ibukota dan sekitarnya :D

Disini mama papa puas memilih produk yang sedang dibutuhkan di rumah.






Berkreasi dengan Kaleng Warna Warni

Usai berkeliling ke beberapa rumah perajin dan mampir ke pusat distribusinya, kini saatnya sahabat Teman Main membuat karya seni dari produk yang dihasilkan di daerah ini.

Yes, kami bebas melukis di bagian sisi kanan, kiri dan belakang kaleng tersebut. Warna-warna kaleng yang tersedia cantik-cantik deh, ada merah, biru, kuning, hijau dan juga ungu. Sahabat Teman Main bebas memilih sesuai warna favoritnya.









Nah ini dia hasil karya kami. Semua menarik-menarik. Untuk 2 hasil karya terbaik diberi hadiah lho dari tim Teman Main, asik. Penilaian dilakukan langsung oleh perwakilan dari Kampung Kaleng ya.



Aktivitas terakhir ditutup dengan makan siang bersama untuk mengembalikan energi yang keluar usai seharian berkeliling dan berkegiatan :D



Wah tak terasa ya selesai sudah seluruh rangkaian kegiatan field trip #temanmain23. Semoga banyak ilmu yang didapat dari kegiatan kali ini ya.

Sampai jumpa lagi di kegiatan main selanjutnya..  



Nonton video kegiatan ini di channel Youtube Teman Main yaa..
  (klik disini )
Jangan lupa subscribe ;)

TEMAN MAIN

Explore.. and.. FUN..!

#temanmain23
28 Juli 2019
Ditulis oleh Miranti




No comments:

Post a Comment

Pages