#temanmain31 : Ngabuburit Seru Bebikinan Masjid

 Ngabuburit Seru Membuat Masjid dari Kardus


Melihat masjid indah tentu sudah biasa, tapi bagaimana dengan membangun masjid? Wah… tentunya hal menarik dan seru banget dong. Apalagi di bulan Ramadhan ini, membangun masjid akan memotivasi kita untuk istiqomah dalam menjalankan puasa dan shalat!. 


Tapi,  bagaimana sih caranya membangun masjid, masjid kan besar, apa bisa membangun masjid dalam sehari? Eitss,  tenang saja sahabat Teman Main, kali ini kita bukan membangun masjid menggunakan bahan dan alat berat kok, melainkan kita akan merakit masjid dari kardus bersama kak Uchy secara daring di zoom. Horeee..!!


Pada tanggal 24 April 2021 lalu tim Teman Main bersama kak Uchy mengajak sahabat Teman Main ngabuburit melalui merakit masjid dari kardus. Tapi, sebelumnya kak Harty akan membacakan suatu kisah untuk sahabat Teman Main lohh.. Wahh pastinya udah pada gak sabar dong :D


Pada Playdate Teman Main ke-31, kak Harty membacakan kisah mengenai sosok sahabat Rasulullah yakni Bilal bin Rabbah dengan judul "Adzan Terakhir Bilal bin Rabbah". Berikut merupakan cuplikan dari kisah sahabat nabu yang berjudul "Adzan Terakhir Bilal bin Rabbah".


Sepeninggal Rasulullah, Bilal tidak pernah mau untuk Adzan lagi, dan dia lebih memilih hijrah ke Suriah. Atas permintaan Nabi di dalam mimpi, Bilal berkunjung kembali ke Madinah. Hasan dan Husain meminta Bilal untuk adzan. Ketika sampai kalimat “Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah”, Bilal menangis tersedu sedan dan tidak pernah sanggup melanjutkan Adzan. Itulah adzan terakhir dalam usia senja sang muadzin pertama dunia. Adzan yang tak pernah dia bisa tuntaskan karena terlalu sedih.


MasyaAllah,  sungguh indah bukan cuplikan kisah dari salah satu sahabat nabi yaitu Bilal bin Rabbah? Setelah mendengar kisah tersebut,  saatnya sahabat Teman Main merakit masjid yang akan dipandu oleh kak Uchy. Untuk merakit masjid kali ini sangat mudah, hanya membutuhkan satu alat saja yakni lem fox, dipilihnya lem fox karena dirasa aman untuk digunakan oleh sahabat Teman Main. Eitss.. jangan lupakan kardusnya juga ya hehe :D


Langkah pertama, sahabat Teman Main membuat badan dari masjid dengan cara melipat kardus sesuai dengan guratan yang telah disediakan hingga membentuk persegi. Selanjutnya menempel badan masjid yang telah dibuat pada alas kardus yang berbentuk persegi pula. Dalam menempel badan masjid boleh dianjurkan di tengah alas karena pada bagian depan dan belakang alas untuk meletakkan properti selanjutnya. 


Langkah kedua, saatnya sahabat Teman Main membuat atap masjid dengan menggabungkan kardus yang berbentuk kubah. Setelah itu,  diletakkan pada alas yang berbetuk lingkaran. 


Langkah ketiga, menyiapkan kardus yang berbentuk segitiga beruntun, lalu melipatnya sesuai dengan guratan yang telah tersedia dan merekatkannya menggunakan lem fox.


Langkah terakhir,  menggabungkan badan masjid dan atap masjid menggunakan lem.


Wah, akhirnya sahabat Teman Main telah selesai merakit masjid. Horeee!! Tidak terasa,  kita sudah berada di penghujung acara. Sambil menunggu buka puasa tiba,  sahabat Teman Main bisa menyisipkan bumbu-bumbu keindahan pada masjid yang telah dirakit lohhh…Bisa dengan memberi pewarna hingga memberi manik manik agar makin cantik dan indah.



TEMAN MAIN

Explore.. and.. FUN..!

#temanmain31
24 April 2021
Ditulis oleh Putri Styaningrum

No comments:

Post a Comment

Pages