#temanmain29 : Virtual Tour Outer Space

 Menjelajah Luar Angkasa Bersama Teman Main



Hallo Sahabat Teman Main


Siapa yang bercita-cita menjadi astronot? Siapa yang suka memandangi langit? Langit begitu luas dan membuat penasaran ada apa saja ya di angkasa luar? Apakah ada kehidupan di planet lain? Kali ini Teman Main mengajak virtual tour to outer space. Yuk, kita naik roket!


Virtual Tour to Outer Space


Biasanya Teman Main mengadakan field trip ke museum, galeri, atau taman. Namun, tur kali ini sangat berbeda. Situasi pandemi membuat kita berkesempatan mengenal tempat yang jauh … walau melalui daring, kita bisa melihat berbagai hal yang ada di angkasa luar.

Virtual tour ke angkasa luar menjadi pembuka kegiatan Teman Main di tahun 2021 ini. Kak Rafael dan Kak Albert juga Sahabat Teman Main sudah siap berpetualang ke angkasa pada 3 Januari 2021.




Gunung Tertinggi di Tata Surya ada di Planet Mars

Selama ini kita tinggal di bumi yang sebagian besar terdiri dari lautan. Kita bebas bernapas, makan, bermain, dan berjalan-jalan. Bagaimana di planet lain?


Dalam tata surya kita terdapat 8 planet, yaitu:


1.       Merkurius

2.       Venus

3.       Bumi

4.       Mars

5.       Jupiter

6.       Saturnus

7.       Uranus

8.       Neptunus


Ini nih fun facts tentang planet dan tata surya kita:


·    ✅Merkurius menjadi planet yang paling dekat dengan matahari. Suhunya super dingin di malam hari (−173 °C) dan super panas di siang hari (427 °C).


·    Gunung tertinggi di tata surya adalah gunung Olympus di planet Mars. Tingginya 3x tinggi mount Everest (gunung tertinggi di bumi).


·      ✅ Ngarai Valles Marineris adalah ngarai terpanjang di tata surya, letaknya di planet Mars. Ngarai Valles Marineris berukuran hampir sepuluh kali lebih panjang dan tiga kali lebih dalam dari Grand Canyon di Bumi.


·       ✅ Planet Jupiter memiliki 60-70 bulan. Banyak banget, ya!


·       ✅ Saturnus adalah planet paling ringan padahal ukurannya terbesar kedua setelah Jupiter.


·       ✅ Planet Uranus posisinya miring. Konon di sana ada hujan berlian!


·      ✅ Bintang UY Scuti menjadi bintang terbesar di tata surya dengan jari-jari lingkarannya 1.700 kali lebih besar dari matahari.


·      Meteoroid, meteor, dan meteorit, apa bedanya? Meteoroid adalah benda-benda kecil di tata surya yang ukurannya lebih kecil daripada asteroid tetapi lebih besar daripada sebuah molekul. Saat meteoroid menyentuh atmosfer, disebut meteor. Jika meteor jatuh ke bumi, disebut meteorit.


Banyak hal di alam semesta yang masih menjadi misteri. Setelah jalan-jalan virtual kali ini makin penasaran deh ingin berkunjung langsung ke planet lain. Semoga suatu saat cita-cita Sahabat Teman Main menjadi astronot terwujud, ya. Nanti kita bisa piknik di planet lain, hihi …




TEMAN MAIN

Explore.. and.. FUN..!

Referensi:

https://www.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-011252723/nasa-temukan-ngarai-terbesar-di-planet-mars-ukurannya-10-kali-lebih-panjang-darigrand-canyon


https://sains.kompas.com/read/2019/10/08/200700123/pemegang-rekor-jagat-raya-inilah-12-objek-terbesar-di-alam-semesta


#temanmain29
3 Januari 2021
Ditulis oleh Helena Mantra




No comments:

Post a Comment

Pages