Ruang Mama Online 5 : Membuat Sabun Jelantah, Langkah Kecil Selamatkan Bumi

Ruang Mama Online Vol. 05
Kamis, 31 Januari 2019
Jam: 20.00-21.00 WIB



NARASUMBER
Nama : Ratna Hayati
Suami : Lorencius Kukuh Prabowo
Anak : ABCD (Ara (15 yo), bella (7 yo), Chaca (5 yo), Deto (2 yo)

Kegiatan :
❤ Ibu rumah tangga
❤ Homeschooler Mom dari 4 anak
❤ Founder Tenda ABCD
❤ Konselor Menyusui

Pendidikan :
S2 Bisnis Manajemen Universitas Prasetyamulya

MATERI

SABUN JELANTAH, LANGKAH KECIL SELAMATKAN BUMI

Bekuan jelantah dan saluran pembuangan

Selain sampah plastik, limbah rumah tangga juga jadi penyebab saluran lingkungan mampet. Salah satunya adalah minyak bekas gorengan.

Minyak bekas (jelantah) yang dibuang ke saluran pembuangan keadaan cair, lambat laun akan membeku (lihat gambar, mirip styrofoam). Tampaknya proses terjadinya bekuan dipercepat bila bercampur dengan air cucian yang mengandung deterjen dan suhu rendah dalam saluran pembuangan. Bekuan ini kemudian akan membentuk endapan yang mengapung dan menetap sehingga menghalangi aliran air saluran pembuangan.

Hindari buang jelantah di saluran buangan, tapi adakah yang tahu kira-kira apa solusi lanjutannya ya?

Mengerikan..


Selama ini bagaimana teman2 memperlakukan minyak jelantahnya?
Apakah disimpan di botol2? atau langsung dibuang di saluran air?
Kalau saya dulu jujur langsung buang di saluran cuci piring๐Ÿ˜… agak ke sini baru dibotolin tapi bingung mau dikemanain, katanya bisa diolah jadi biodiesel tapi tidak tahu harus disalurkan kemana sehingga akhirnya menumpuk. Iya kadang apes juga ditumpahin tikus jadi nambah kerjaan. Tapi beruntung dan bersyukur sekali saya mengenal cara membuat sabun dari minyak jelantah ini. Mungkin selama ini teman2 juga mengalami hal yang sama.

Nah peralatan apa saja yang diperlukan untuk membuat sabun jelantah?

Peralatan :
1. Timbangan digital2. baskom3. whisker/mikser/hand blender4. gelas kaca untuk mengaduk air dan soda api5. gelas pastik untuk menimbang soda api6. sendok untuk mengaduk7. spatula8. cetakan sabun silikon/wadah plastik dilapisi kertas minyak coklat
Resep sabun jelantah :Bahan :500 gr minyak jelantah190 gr air suling/galon/air rebusan pandan/air lerak64 gr NaOH/soda api

Bahan tambahan yang berbeda dari sabun mandi adalah :
Arang (bisa arang kayu/briket) mana yang lebih mudah ditemukanrajangan daun pandan (bila ada tapi ini bisa diskip)

Cara membuat :
1. Saring terlebih dahulu minyak jelantah yang akan digunakan sekalian ditimbang2. tampung dalam baskom, sebaiknya baskom stainless jangan plastik3. barakan arang secukupnya di atas api, kalau saya biasanya langsung saya letakkan di atas kompor.4. Setelah arang merah membara, angkat dan celupkan ke dalam minyak hingga terendam, akan keluar uap/asap dalam proses ini, jadi sebaiknya pakai masker5. Diamkan minimal selama 24 jam6. Proses ini untuk membersihkan dan menjernihkan minyak, karena arang bersifat mengikat racun (semacam detox jadinya ya๐Ÿ˜‚)7. bisa ditambahkan rajangan daun pandan atau bekas kulit pisang untuk semakin menghilangkan aroma ikan/ayam dll, tapi tidak pakai juga tidak masalah kok8. Selanjutnya setelah minimal 24 jam (boleh juga lebih) naka kita bisa mulai proses pembuatan sabun9. saring minyak yang sudah direndam arang dengan saringan, lebih baik kalau dilapisi kaos dalam bekas agar hasil lebih jernih, sembari ditimbang ulang10. siapkan air dan timbang (air bisa diganti air lerak atau air rebusan pandan yang sudah diblender dan disaring)11. siapkan soda api, lalu timbang sesuai resep12. masukkan soda api ke dalam cairan (ingat jangan terbalik ya, berbahaya!)13. dinginkan larutan sampai suhu ruang (proses percampuran soda api dengan air menimbulkan reaksi panas atau eksoterm), proses pendinginan bisa dibantu dengan merendam di dalam baskom isi es.14. Setelah gelas dipegang tidak panas maka cairan soda api bisa dituang dan dicampurkan ke dalam minyak jelantah.15. Aduk sampai kental dan berwarna lebih pucat dari sebelumnya, akan dihasilkan cairan berwarna seperti susu kental manis kalau cairan  pakai air biasa, kalau pakai lerak akan menjadi lebih coklat, kalau pakai pandan jadi agak kehijauan.16. Setelah trace atau kental seperti susu kental manis berarti adonan siap dicetak.17. tutup adonan dalam cetakan dengan kain atau penutup lalu diamkan 2 hari18. setelah 2 hari keluarkan adonan dari cetakan dan angin2kan selama 4 minggu baru siap digunakan.
Adonan yang teksturnya masih lembek menunjukkan bahwa saat pengadukan kurang rata, jadi pastikan saat mengaduk benar2 trace, tercampur rata dan tekstur kental.










TANYA JAWAB

1.Mama Fitri
Tanya :
a. Bagaimana cara ngitung soda api kalo jumlah minyaknya ga sama spt resep?

Jawab :
tinggal dikalikan atau dibagi proporsional,seperti resep kue
b. Sabun jelantah ini biasanya dipake buat apa aja mbak? Selain cuci piring (kayak d video)?

Jawab : sabun jelantah bisa digunakan untuk mencuci tangan, baju, sepatu, kain lap dll apapun asal bukan untuk badan dan wajah๐Ÿ˜Š
Tanggapan 1 : Waah multifungsi ya.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
Jawab :  iya multifungsi, hemat biaya, anti alergi dan iritasi  untuk yg kulitnya sensitif dan ramah lingkungan๐Ÿ˜Š. Karena sabun pencuci piring yang dijual di pasaran pasti mengandung SLS dan ALS itu adalah zar kimia/surfaktan untuk menghasilkan busa berlimpah tapi dalam jangka pendek kurang ramah bagi kulit sensitif, dan dari berbagai hasil penelitian ada dampak negatif juga dalam jangka panjang, selain itu jg mencemari lingkungan

c. Soda api bisa dibeli dimana ya mbak? Trus aman ga bikin sm anak2?

Jawab : soda api bisa dibeli di toko kimia atau toko bahan bangunan, hmm harus dijauhkan dari anak2 ya , hati2 saat menyimpan dan proses pembuatan

d. Cara simpannya gimana mbak?

Jawab : ya ditutup aja dan disimpan aman jauh dari jangkauan anak-anak.

Jadi yang membuat sabun natural menjadi mahal harganya karena lama masa tunggu dan panennya๐Ÿ˜Š.

Semua sabun batangan yg natural masa curingnya sama 4 minggu.

2. Mama Miranti
Tanya :
Udah ada yg bisnisin belum mba? ๐Ÿ˜†
Jawab : sudah mba, dijual Rp. 100/gram
Tanggapan 1 : Ooh udah ada, baru aja mama yg ikut kulwap disini rencana mau jualin ๐Ÿ˜
Makasi mba ratna ๐Ÿค—

Jawab : iya, padahal modalnya nyaris ga ada๐Ÿ˜Šcm arang ama soda api sedikit banget

3. Mama Syari
Tanya :
Kemarin dibilang, wadah bekas bikin sabun jelantah gak boleh buat masakan/makanan, kenapa?

Jawab : sebaiknya memang tidak digunakan lagi untuk makanan karena sudah kena soda api, tapi kalau sangat terpaksa ya bisa dicuci berulang dan disteril air panas. Kalau ingin membuat benar2 perhatikan urutan langkahnya ya, saat paling krusial adalah saat mencampur air dengan soda api, harus soda api yang dituang ke dalam air, jangan sampai terbalik, berbahaya.

Tanggapan 1 : Ada apa dengan natrium oksida kok bekasnya gak boleh buat makanan?

Jawab : karena sifatnya korosif. Saat dibuat sebagai campuran sabun pun ada masa curing minimal 1 bulan baru bisa dipakai, untuk memastikan kandungan soda apinya lepas semua ke udara.

4. Mama Agustina Fitria
Sharing : Saya pernah tertelan sedikit soda api wkt masih praktikum jaman kuliah dulu, langsung panik ke UGD..

Jawab : efek soda api kalau terciprat ke tangan akan menimbulkan rasa gatal atau perih, pertolongan pertamanya adalah dengan dialiri air mengalir sampai hilang gatalnya. Jadi tidak semenyeramkan yang dibayangkan. Tapi memang jauh lebih baik untuk preventif saat membuat pakai lengan panjang, sarung tangan dan safety google. Kalau terciprat mata juga langsung aliri air mengalir.

5. Mama Harty
Tanya : Mba di point 17 ada proses adonan ditutup.. ini diletakan di suhu ruang atau hrs dlm kondisi atau tempat tertentu mba?

Jawab : letakkan di suhu ruang, setelah 2-3 hari lepas dari cetakan lalu angin2kan di ruang terbuka selama 4 minggu baru bs dipakai.

Tanggapan 1 : Oiya Mba Ratna jika kita ingin belajar langsung sama Mba Ratna bisa gak Mba?๐Ÿ˜๐Ÿ˜
Jawab : bisa๐Ÿ˜Š nanti bisa kontak saya aja kalau mau belajar langsung beberapa orang dalam grup teman main, atau staytune di ig @tendaabcd untuk pengumuman2 workshop kami.

Terimakasih ya sudah diajak ikut berbagi di forum ini, semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat dan bisa dipraktikkan, sekecil apapun langkah kita besar artinya untuk kelestarian alam ๐Ÿ˜‰ mari sayangi ibu bumi mulai dari hal kecil, mulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang๐Ÿ˜Š Sampai jumpa lagi di lain kesempatan ya teman-teman main yang super kece.

____________________

Kulwap dipandu dan dirangkum oleh Kak Harty

Terima kasih :)

-SELESAI-


No comments:

Post a Comment

Pages