#temanmain21 : Honey Bee Trip


Berkenalan dengan Lebah Penghasil Madu


Hallo sahabat Teman Main..

Siapa yang doyan minum madu? Rasa madu yang manis dan menyehatkan membuatnya banyak digemari. Mau dibuat masakan, minuman, atau langsung dijilat juga enaaak!

Ngomong-ngomong, dari mana ya madu berasal? Untuk cari tahu jawabannya, Teman Main ke-21 main ke Taman Wisata Lebah Madu di Cibubur, Jakarta Timur. Di sana Sahabat Teman Main berkenalan dengan ribuan atau bahkan jutaan lebah penghasil madu. Banyak … banget sampai tidak bisa dihitung satu-persatu.

Lebah Suka Menari

Di awal acara, Sahabat Teman Main mendengarkan kisah dari Kak Harty mengenai Lala lebah mencari kebun bunga. Lala sempat diganggu lalat yang suka hinggap di sampah. Kira-kira Lala bisa menemukan kebun bunga atau tidak?


Dari cerita di atas ternyata lebah suka menari, lho. Begitulah cara mereka berkomunikasi untuk memberitahukan letak bunga sumber makanan si lebah.

Bentuk tarian lebah ada dua, tarian memutar (round dance) jika sumber makanan dekat dengan sarang (kurang dari 50 m). Tarian kedua disebut tarian goyang (waggle dance) jika jarak sumber makanan jauh dari sarang. Tarian lebah inilah yang membantu para lebah agar tidak tersesat mencari makanan. Hebat, ya!

Masuk ke Goa Lebah


Di dalam goa lebah, Sahabat Teman Main mendapat edukasi mengenai lebah dan madu dari Kakak-kakak petugas. Ada tiga macam lebah dalam satu sarang, yaitu:

1. Ratu lebah yang bertugas untuk bertelur. Dalam sehari ratu lebah mampu bertelur hingga 1000 – 1500 butir. Makanan ratu lebah yaitu royal jelly yang sangat tinggi protein. Usia ratu lebah sekitar 5-6 tahun dan dalam satu sarang hanya ada 1 ratu.

2. Lebah jantan yang bertugas untuk berkembang biak. Jumlahnya lebih dari 1 di tiap sarang. Lebah jantan tidak punya sengat sehingga aman untuk dipegang manusia.

3. Lebah pekerja yang bertugas mencari dan mengolah madu, membuat rumah lebah yang berbentuk segi 6 dan juga memberi makan larva. Jumlahnya paling banyak diantara lebah lainnya, bisa ribuan bahkan jutaan. Hati-hati, lebah pekerja memiliki sengat untuk melindungi dirinya.

Berani Memegang Lebah


Mendengar penjelasan Kakak petugas membuat Sahabat Teman Main tak sabar untuk segera bertemu langsung dengan para lebah. Sebelumnya, Sahabat harus menggunakan topi masker supaya terlindung dari sengatan lebah. Selain itu, jangan berteriak atau mengibas-kibaskan tangan supaya sang lebah tidak merasa terganggu. Lebah mau bersahabat dengan manusia asalkan tidak diganggu.


Di sini, Sahabat Teman Main berani, lho, memegang lebah jantan. Kan tidak memiliki sengat. Nampak juga ratu lebah yang ukuran tubuhnya paling besar, panjangnya dua kali lebah pekerja. Kalau diperhatikan dengan seksama, terlihat lebah memiliki 4 sayap dan 6 kaki.


Di dalam kotak sarangnya ada sesuatu yang berkilau. Itulah madu yang dihasilkan si lebah. Madu yang siap panen terlihat dari bingkainya yang tertutup lilin putih (bee wax). Sebelum dipanen, lebahnya disuruh pergi dengan cara disikat menggunakan sikat ekor kuda yang lembut. Kemudian, bingkai sarang dimasukkan ke alat bernama extractor yang diputar-putar. Madunya akan terpisah ke dinding extractor dan meluncur turun ke dalam kran.

Membuat Wayang Lebah dan Bunga

Melelahkan juga ya belajar mengolah madu sebelum bisa dinikmati. Untuk melepas lelah, Sahabat Teman Main minum air madu dingin yang segar.


Honey Bee Trip belum berakhir, lho. Masih ada kegiatan membuat wayang lebah dan bunga. Sahabat dibantu Mama Papa asyik membuat wayang untuk dimainkan di rumah. Printable edukatif ini dari Mungilmu, ada banyak paket seru lainnya yang mereka tawarkan sebagai media belajar dan bermain bersama anak di rumah.


Tak lupa juga sesi doorprize yang bertabur hadiah. Hebat-hebat deh Sahabat Teman Main yang berani mendongeng dan juga menjawab pertanyaan tentang lebah madu.

Seru ya Honey Bee Trip kali ini. Jadi tahu proses pembuatan madu dan bersahabat dengan para lebah. 

Sampai jumpa di kegiatan Teman Main berikutnya.


Nonton videonya di channel Youtube Teman Main (klik disini)
Jangan lupa subscribe ;)

TEMAN MAIN

Explore.. and.. FUN..!

#temanmain21
24 Maret 2019
Ditulis oleh Helena Mantra


No comments:

Post a Comment

Pages