#temanmain16 : Aku Cinta Rupiah


Yuk Kenal Lebih Dekat Dengan Rupiah


Hallo Sahabat Teman Main..

Siapa yang sudah pernah dikasih uang jajan oleh orang tua? Atau sudah pernah membantu memberi uang ke kasir saat belanja?

Uang merupakan alat pembayaran yang sah diakui dunia. Setiap hari, banyak sekali uang yang beredar di masyarakat. Untuk lebih mengenal uang, terutama mata uang rupiah di negara kita, Teman Main mengadakan field trip ke Museum Bank Indonesia yang terletak di Jakarta. Acaranya super seru, lho. Seperti apa kegiatannya? Yuk, kita simak ceritanya :)


Semangat Eksplorasi

Tepat pukul 10 pagi acara ini dimulai dan dibuka oleh Kak Ranti. Setelah semua Sahabat Teman Main berkumpul dan berbaris rapi, saatnya masuk ke dalam area Museum Bank Indonesia. Eits, sebelumnya supaya lebih semangat, kita yel-yel dulu, dong.


Teman Main
(Siap!)
Teman Main
(Hebat!)
Teman Maiiin..
Explore and Fuuuun!



Yeay, sekarang semua sudah semangat dan siap dipandu oleh Kak Rika dari Museum Bank Indonesia untuk mulai menjelajahi museum yang sangat besar ini!

Setelah masuk ke dalam museum dan melihat diorama berupa beberapa patung nasabah dan petugas bank, Sahabat Teman Main masuk ke dalam ruangan yang gelap. Hiii ruang apa itu, ya? Tapi tiba-tiba di layar yang besar, ada banyak uang yang jatuh seperti hujan. Hap... hap... Ayo, kita tangkap uangnya! :D


Nonton Film

Usai menangkap uang virtual, acara pun dimulai dengan menonton film dokumenter di mini teater. Cerita filmnya bagus, deh. Jadi, ada tiga sekawan, yaitu Utas, Coina, dan Copi. Mereka semua jenis uang dan di film itu bisa bicara!

Mereka bertiga bercerita tentang perjalanan dari mulai uang dibuat hingga beredar. Utas bahkan sempat berteman dengan anak perempuan yang menyimpannya di dompet.




Dari film ini, Sahabat Teman Main diingatkan untuk selalu menjaga uang yang dimiliki. Jangan dilipat dan membuat uang jadi rusak. Jika tidak dijaga, wah, kasian sekali. Uang bisa jadi lusuh, rusak, dan pada akhirnya dihancurkan...

Tur Museum

Seusai menonton film, Kak Rika mengajak Sahabat Teman Main untuk berkeliling museum. Semua sangat antusias sekali mengikuti Kak Rika melihat berbagai benda-benda yang dipamerkan di Museum Bank Indonesia dan mendengar ceritanya.





Sahabat Teman Main bisa melihat uang rupiah kuno yang saat ini sudah tidak beredar lagi, hingga uang dari berbagai negara di dunia. Satu ruangan yang paling menarik adalah ruangan yang menyimpan tumpukan emas batangan! Wow... Emasnya banyak sekali!Sahabat Teman Main sampai terkesima melihatnya walaupun emas batangan tersebut hanyalah replika saja. :)



Tak hanya uang saja, tapi perjalanan bangsa Indonesia juga dikemas dengan sangat menarik di museum ini, lho. Sahabat Teman Main senang melihat berbagai diorama hingga seragam tentara. Ada juga buku virtual yang bisa dibuka tanpa disentuh yang membuat antri untuk mencobanya. :)



DIY Alat Cetak Uang

Lebih dari satu setengah jam menjelajah museum, kini saatnya untuk membuat prakarya keren dari kardus. Bertempat di Canteen Museum Bank Indonesia, Sahabat Teman Main sudah siap untuk membuat Alat Cetak Uang atau Magic Printer yang dipandu oleh Kak Uchy Widya.

Apa itu Magic Printer? Bukan sulap, bukan sihir! Kak Uchy memperagakan cara memasukkan kertas kosong, memutar tuas, kemudian tiba-tiba keluar uang asli dari alat tersebut! Wow! Kak Uchy akhirnya membeberkan rahasianya dan mengajak sahabat Teman Main membuatnya bersama-sama.



Semua Sahabat Teman Main mendapat bahan dan alat yang dibutuhkan. Sambil membuat mainan kardus, seluruh keluarga juga dapat beristirahat sambil makan dan minum. Dan tak ketinggalan Giveaway Time! Selamat ya buat yang berhasil menjawab pertanyaan dari Kak Ranti.





Dan dengan bantuan mama papa akhirnya misi membuat mainan kardus Magic Printer ini pun berhasil. Yes, semua sukses! Horeeee..

Foto bersama magic printer masing-masing

Akhirnya acara pun ditutup dengan foto bersama. Seruuu! 
Sampai jumpa main-main selanjutnya sahabat Teman Main!


TEMAN MAIN
Explore.. and.. FUN..!

(*)


Cerita oleh Dita Indrihapsari
Disunting oleh Miranti


#temanmain16
7 April 2018


No comments:

Post a Comment

Pages