#temanmain11 : Hello Little Doctor



Selamat Datang Dokter Masa Depan

Hallo sahabat Teman Main..

Yuk kita main-main lagi..
Pada field trip kali ini sahabat Teman Main akan diajak mengenal dunia kedokteran dengan cara yang saaangat menyenangkan. Yes, kita akan menjadi Dokter Cilik di rumah sakit sungguhan!Asikk..

Penasaran seperti apa kegiatannya? :)


Sebelum memulai kegiatan, seperti biasa sahabat Teman Main akan diajak ice breaking dulu yaa. Tidak lupa berkenalan dengan Suster Ratna yang akan memandu sahabat selama kegiatan berlangsung.

Pssst disini ada ketentuan khususnya lho, para orangtua dilarang masuk ke dalam ruang kegiatan yang terdiri dari 5 area/sesi, namun jangan khawatir karena akan diberikan waktu khusus di setiap akhir sesi dimana orangtua dapat masuk kedalam ruangan untuk sekedar melihat atau foto-foto. 

Nah, sayangnya ternyata masih ada juga sahabat Teman Main yang belum bisa komitmen dengan aturan tersebut sehingga harus diberi kelonggaran :) Semoga pada kegiatan berikutnya sahabat pintar Teman Main dapat lebih berani dan mandiri tanpa pendampingan Mama Papa yaa..
Setuju? Pasti bisa! ;)

Sooo let's begin..!

---

1. Operating Theatre (Ruang Operasi)

Area pertama yang dimasuki adalah ruang operasi dimana sahabat Teman Main akan berperan sebagai dokter bedah yang sedang melakukan operasi. Disini semua anak wajib menggunakan kostum lengkap diantaranya baju hijau, penutup kepala, masker dan sarung tangan. Begitu juga saat bergantian melakukan operasi pengambilan organ dalam manusia, semua wajib mengambilnya menggunakan penjepit khusus bedah. Kebayang kan serunya :D

Oh ya, Suster Ratna tidak lupa menjelaskan mengenai fungsi-fungsi organ dalam tubuh manusia sesuai dengan alat peraga yang digunakan serta mengingatkan agar anak-anak harus mengkonsumsi makanan bergizi setiap hari.








2. Accident & Emergency Room (Unit Gawat Darurat/UGD)

Ruang berikutnya adalah area unit pelayanan untuk pasien gawat darurat. Disini sahabat Teman Main berganti kostum menggunakan jas putih kebanggaan para dokter dan tak lupa menggunakan stetoskop yang menggantung di lehernya :D 

Pada sesi ini peserta akan diminta bergantian peran antara dokter dengan pasien. Meski begitu ternyata banyak yang ogah jadi pasien karena mau jadi dokter semua, hahaha..





tuuuh kan, dokternya aja 2 orang :P


3. Dentist Room (Spesialis Gigi)

Area berikutnya sahabat Teman Main diajak ke dalam ruang praktek dokter gigi. Disini anak-anak mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan gigi, seperti fungsi setiap gigi, teori menyikat gigi yang baik serta makanan sehat yang baik untuk gigi. 

Pada sesi ini semua anak diberi kesempatan praktek langsung menyikat gigi yang benar dengan alat peraga gigi yang sudah disediakan.




Menyimak penjelasan suster Ratna

Praktek menyikat gigi


4. Pharmacy Room (Farmasi)

Selanjutnya menuju area farmasi. Disini sahabat Teman Main belajar bagaimana proses pembuatan obat secara sederhana. Anak-anak diajak menumbuk bubuk obat dengan menggunakan garam sebagai medianya. Tersedia juga cobekan kecil sebagai alat bantu menghaluskan obat serta sendok untuk memasukkan bubuk obat ke dalam kapsul. Seru ya :D








Ini obat hasil racikan saya!


5. Nursery Room (Perawatan Bayi)

Terakhir adalah area dimana sahabat Teman Main dapat mengenal lebih dekat bagaimana merawat adik bayi. Sahabat semua diajak praktek langsung memakaikan diaper, baju bayi hingga melilitkan bedong :D

Setelah adik bayi hangat dengan pakaiannya lalu ditimbang berat badan di timbangan khusus bayi, kemudian adik bayi ditimang-timang dan ditidurkan kembali ke dalam box yang sudah disediakan:)





Penimbangan bayi


Gimana seru ya? :D

Bermain peran memang menyenangkan sekali, terlebih lagi ternyata banyak sekali manfaatnya bagi anak-anak, diantaranya meningkatkan percaya diri dan kreativitas, membangun kemampuan bahasa dan sosial, serta melatih memecahkan masalah sendiri dan belajar empati.

---

Selesai sudah sahabat Teman Main menjadi dokter kecil dalam sehari :) Pada akhir acara setelah mereview seluruh kegiatan yang sudah diakukan, suster Ratna menyatakan semua peserta telah lulus menjadi dokter cilik dan berhak menggunakan toga serta membawa pulang sertifikat! Alhamdulillaaaah :D
Review kegiatan dokter cilik

Pemasangan toga kelulusan

Pembagian sertifikat dan resmi menjadi Dokter :D


Di akhir acara Teman Main memberikan goodie bag sekaligus bagi-bagi hadiah yang kali ini disponsori oleh @littlelangit. Terima kasih Little Langit untuk buku-buku menarik dan bermanfaatnya. Selamat kepada teman-teman yang beruntung :)




Akhir kata terima kasih untuk semua sahabat Teman Main atas partisipasinya. Serta terima kasih banyak kepada semua pihak Omni Hospital Alam Sutera untuk program dokter kecilnya. Semoga kegiatan ini menjadi pengalaman berharga dan tak terlupakan untuk semua sahabat Teman Main terlebih jika kelak ada diantaranya menjadi dokter sungguhan :)

Sampai ketemu main-main dan field trip selanjutnya.. 


TEMAN MAIN
Explore.. and.. Fun..!

(*)


Ditulis oleh Miranti


#temanmain11  
16 September 2017








No comments:

Post a Comment

Pages