#temanmain22 : Indonesia Heritage

Makin Cinta Indonesia di Galeri Indonesia Kaya


Hallo Sahabat Teman Main..


Petualangan Teman Main ke-22 kali ini berbeda dari yang biasanya. Kalau biasanya kita berkunjung ke taman atau museum, kali ini kita mengunjungi Galeri Indonesia Kaya di mal Grand Indonesia. Di sana bukan bermaksud untuk belanja, lho, tetapi untuk makin mengenal keragaman budaya di Indonesia.

Galeri Indonesia Kaya

Galeri Indonesia Kaya terletak di lantai 8 West Mall Grand Indonesia, tepat di samping CGV. Nampak dari luar galeri ini gelap, didominasi warna hitam. Namun, begitu masuk di dalamnya pengunjung disambut oleh gambar sepasang pria dan wanita mengenakan baju adat daerah-daerah di Indonesia yang menyapa “Selamat datang” dalam berbagai bahasa daerah.

“Selamat datang”

“Wilujeng sumping”

“Salamaik datang”

Negara kita memang kaya. Indonesia yang terdiri dari 34 propinsi dan puluhan ribu pulau memiliki keragaman pakaian tradisional, bahasa, alat musik, tradisi, dan kesenian yang beragam.

Sambil berkeliling di Galeri Indonesia Kaya, Sahabat dapat belajar sekaligus bermain tentang seni budaya Indonesia menggunakan perangkat berbasis teknologi digital yang canggih. Contohnya, lewat layar TV, kita seakan-akan memakai pakaian tokoh wayang seperti Bima dan Srikandi. Penampilan ini bisa dipotret dan hasilnya dikirim ke e-mail kita, lho.






Ada pula permainan musik digital interaktif dengan layar sentuh. Di sini Sahabat Teman Main bergantian memainkan angklung lewat layar monitor. Hasil rekaman musiknya bisa dibagikan ke teman-teman.

Siapa yang pernah bermain egrang? Permainan tradisional menggunakan bambu tersebut ada versi game-nya, lho. Seru deh main game egrang, berjalan menghindari batu sambil mengumpulkan hadiah.

Tak kalah mengasyikannya, di sini kita bisa membuat batik motif suka-suka. Batiknya bukan berupa kain tetapi dicetak menjadi kartu pos. Cocok, kan, dikirim ke teman atau keluarga.



Kreasi Paper Craft Ondel-Ondel

Di dalam Galeri Indonesia Kaya terdapat ruang auditorium yang luas berkapasitas 150 orang. Di sana
sering diadakan pagelaran seni. Namun kali ini, Teman Main bersama Peri Kertas mengajak Sahabat untuk membuat ondel-ondel dari kertas.





Kak Rauf dan Kak Andri dari Peri Kertas menjelaskan cara membuat paper craft. Gampang banget, lho, cukup gunting, lipat, dan tempel. Akan tetapi harus bersabar ya supaya hasilnya rapi dan awet.

Sahabat bersama Mama dan Papa tampak asyik berkreasi dengan paper craft. Ada yang membuat ondel-ondel laki-laki dan ada pula yang membuat ondel-ondel perempuan. Hasilnya bisa dipajang di rumah.



Setelah itu, Sahabat mendengarkan dongeng berjudul “Putri Ondel-Ondel” yang dibawakan oleh Kak Helena. Ceritanya, ada ondel-ondel yang sedih saat ulang tahun Jakarta karena anak-anak takut padanya. Apa yang dilakukan si ondel-ondel supaya anak-anak mau berkenalan dengannya? Simak di IG TV @temanmainid, ya.



Berkunjung ke Galeri Indonesia Kaya asyik juga. Belajar tradisi budaya Indonesia menjadi lebih mudah, modern, dan menyenangkan lewat berbagai permainan edukatif di sana. Pokoknya, makin cintaaaa Indonesia!

Sampai jumpa di kegiatan Teman Main berikutnya.


Nonton videonya di channel Youtube Teman Main ( klik disini )
Jangan lupa subscribe ;)

TEMAN MAIN

Explore.. and.. FUN..!

#temanmain22
30 April 2019

Ditulis oleh Helena Mantra

No comments:

Post a Comment

Pages