#temanmain20 : Fire Rescue


Mengenal Dunia Pemadam Kebakaran


Hallo sahabat Teman Main.. 

“Tolong … tolong …,” sekumpulan anak yang terjebak di dalam gedung berteriak meminta tolong. Di sekeliling mereka nampak kobaran api. Oh, tidak, gedung itu terbakar!

Dari balik kepulan asap dan kobaran api, nampak seseorang dengan pakaian berwarna perak tahan api menerobos masuk. Satu-persatu anak digendong keluar gedung.

“Hore!” Semua anak berseru gembira setelah diselamatkan petugas pemadam kebakaran.

Syukurlah cerita di atas hanya simulasi kebakaran dalam kegiatan #temanmain20 FIRE RESCUE di kantor Pemadam Kebakaran, Matraman. Sahabat Teman Main diajak belajar bagaimana menolong dan meminta bantuan bila ada situasi darurat.

Siapa yang bercita-cita menjadi petugas damkar? Petugas Damkar alias pemadam kebakaran itu keren, ya! Mereka berani melawan api untuk menolong korban kebakaran.

Tak hanya mengatasi kebakaran, petugas damkar juga menyelamatkan korban banjir, mengamankan hewan liar (ular, biawak, dsb) yang masuk ke rumah penduduk, sampai melepaskan cincin dari jari yang kesempitan.

Simulasi Menyelamatkan Diri Saat Kebakaran

Kegiatan Teman Main berkenalan dengan profesi pemadam kebakaran sangat seru! Di awal acara, Kakak-kakak Damkar menyanyikan yel-yel dengan penuh semangat. Kemudian mereka berlomba menggunakan pakaian penyelamat. Banyak sekali yang harus dipakai.


Sahabat Teman Main juga langsung praktik cara menyelamatkan diri bila terjadi kebakaran. Kalau ada asap, berjalan dengan merangkak karena udara bersih biasanya hanya tersisa 20 cm dari lantai. Saat terjebak banjir atau kebakaran segera berteriak minta tolong.


Di sini, Mama dan Papa yang mendampingi turut belajar memadamkan api. Pernah mendengar berita tabung gas meledak? Itu biasanya karena selang gas bocor, bukan tabungnya yang bermasalah. Hii … semoga tidak terjadi di rumah, ya.


Jika tabung gas terbakar, tutup dengan kain basah lalu matikan regulator. Jika kompor terbakar, misal karena lupa mematikan kompor, segera matikan regulator lalu tutupi kompor dengan kain basah yang lebar. Saat menutup api, tutup dengan perlahan. Kain jangan dilempar, ya, Ma!

Kakak Damkar berpesan pada Sahabat Teman Main agar:
  • Saat mengisi daya (charging), HP tidak digunakan karena rawan meledak.
  • Tidak menggunakan colokan kabel hingga bertumpuk.
  • Bila garasi sempit, jangan langsung masukkan mobil ke garasik karena percikan api dapat membuat kebakaran.
  • Saat kebakaran, segera keluar dan tutup pintu di ruang yang terbakar. Sela di bawah pintu beri kain basah agar asap dan kebakaran tidak menyebar.

Kenalan dengan Pampi

Pemadam kebakaran punya sahabat bernama Pampi. Pampi alias Pemadam Api adalah gajah biru yang bantu mengedukasi masyarakat pentingnya menjaga lingkungan dari bahaya kebakaran. Dengan belalainya, Pampi si gajah berani memadamkan api.

Pampi mengajak Sahabat Teman Main mengenal berbagai kendaraan pemadam kebakaran, yaitu:

  •         Mobil pompa yang menampung 4.000 liter air.
  •     Mobil heavy duty rescure untuk menyelamatkan korban bencana.
  •     Mobil snorkel yang punya tangga untuk menyelamatkan korban di tempat yang tinggi.
  •     Mobil hazmat (hazardous materials) untuk mengatasi kebakaran karena bahan kimia.
  •     Motor polsus agar petugas damkar cepat sampai lokasi. Dll
Wah, banyak ya kendaraan yang membantu petugas damkar dalam bekerja.

Petugas Damkar Siap Beraksi

Setelah mendengar penjelasan dari Pampi, Sahabat diajak membuat topi damkar dan mewarnai peralatan damkar dari Familia Kreativa. Topi damkar buatan sendiri langsung dipakai peserta dengan bangga. Supaya lebih asyik, Sahabat Teman Main diajak naik dan berkeliling dengan mobil pemadam kebakaran. Wiu … wiu … wiu ….



Selesai naik mobil damkar, Sahabat menuju halaman belakang kantor damkar. Di sana, Sahabat  Teman Main menggunakan pakaian penyelamatan dan helm. Lalu, bersama Kakak Damkar mereka menyemprotkan air ke tong-tong hingga terjatuh. Hore!


Puas menjadi petugas pemadam kebakaran, Sahabat diajak main air hingga basah kuyup. Asyik, kan, kegiatan Teman Main kali ini. Bisa main hujan-hujanan!

Kuis Berhadiah Buku Cerita dari Familia Kreativa


Setelah berganti pakaian, saatnya mengetes pemahaman materi yang disampaikan Kakak Damkar. Udah tahu, belum, cara memadamkan kebakaran? Peserta yang benar menjawab langsung mendapat buku cerita menarik dari Familia Kreativa. Yay!

Sampai jumpa di kegiatan Teman Main berikutnya.


Nonton videonya di channel Youtube Teman Main (klik disini)
Jangan lupa subscribe ;)

TEMAN MAIN

Explore.. and.. FUN..!

(*)

#temanmain20
27 Januari 2019
Ditulis oleh Helena Mantra

No comments:

Post a Comment

Pages