Ruang Mama Online 4 : Grafologi Sebagai Alat Bantu Tumbuh Kembang Anak

Ruang Mama Online 04
Rabu, 12 Desember 2018
Jam: 19.30-20.30 WIB



NARASUMBER 

Nama : Laksmira Ratna Bayuardi
Suami : Anantio Bayuardi
Anak  : Amiratih Larasati Bayuardi, Bimoseno Yoddhaprakasa Bayuardi

Kegiatan :
πŸ’Manager keluarga (irt),
πŸ’Owner Laksmira Loop & Hook Graphology
πŸ’Owner Doodlogy
πŸ’Owner&kepsek Sekolah Mini AmiMo
πŸ’Pemerhati psikologi anak
πŸ’Grafolog,
πŸ’Grafo dan Doodles terapis,
πŸ’Praktisi Art Therapy and Positive Psychology.

Pendidikan :
πŸ’Psikologi - UNISBA
πŸ’French - Nice, Fr
Dip.Child Psychology - Kendal, GB
πŸ’Graphology Analyst - Gestalt
πŸ’Graphotherapy - Gestalt
πŸ’Misdiagnosis and Dual Diagnoses in Gifted
πŸ’Children and Adults - SENG, USA
πŸ’Giftedness in Children - SENG, USA
πŸ’Music Therapy for Early Childhood - AMTA, USA
πŸ’Music Therapy for People With Dementia - AMTA, USA
πŸ’Art Therapy & Positive Psychology – TIPI, USA
πŸ’Art Therapy & Positive Psychology – TIPI, USA
πŸ’Trauma-Informed Expressive Arts Therapy With children And Families – TIPI, USA
πŸ’Ethics And Codes Of Art And Play Therapy – TIPI, USA

Buku :
-Doodles Bersama Amiratih & Bimo
-Tulis & Doodles
-1 Hari Bersama 5
-Grafologi Dalam Parenting
-Gifted

MATERI 

Apakah Grafologi ?
Tulisan tangan atau Grafo sebenarnya adalah goresan tangan yang dihasilkan dari otak yang merupakan gambaran dari kepribadian setiap individu. Pikiran manusia secara sadar menentukan apa yang ditulis dan alam bawah sadar mengontrol bagaimana cara seseorang itu menulis.

🌻 Tulisan tangan atau Grafo yang dihasilkan setiap orang adalah unik dan individual.
Melalui analisa tulisan tangan seseorang akan mendapatkan banyak hal, antara lain:

• Identifikasi : tulisan tangan, coretan, termasuk tanda tangan seseorang dapat menjelaskan seperti apakah individu tersebut.

•  Ekspresi diri : melalui tulisan tangan seseorang dapat menuangkan ide,pemikiran serta perasaannya dalam berbagai bentuk.

• Ingatan : tulisan tangan meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengingat informasi yang didapatkannya. Penelitian telah menunjukkan bahwa saat seseorang menulis dengan tangannya,ia akan lebih mudah mengingatnya karena tangan memiliki ingatan sendiri saat bergerak.

• Komunikasi : tulisan sebagai alat berkomunikasi pada sesama sangat ampuh terutama disaat lisan tidak mampu mengkomunikasikan apa yang ingin diutarakan.

• Fisiologi : tulisan tangan meningkatkan kemampuan motorik halus yang berkaitan erat dengan syaraf-syaraf didalam otak yang dapat menghasilkan dopamin sehingga penulis atau penggambar terbangun positive psychology dirinya sekaligus kreatifitasnya

Apa itu Doodles ?
Doodles adalah coretan atau gambar yang dibuat oleh seseorang baik dengan konsentrasi penuh pada saat menggambar atau bisa jadi juga pikiran orang tersebut tidak sepenuhnya berada pada gambar atau coretan yang sedang dibuatnya, tidak masalah.

🌻 Doodles secara tidak langsung dapat mengungkapkan suasana hati maupun pikiran orang tersebut yang sedang menggambar. Bagi anak-anak serta orang dewasa pada umumnya, terapi doodles dapat melatih meningkatkan kreatifitas dan imajinasi serta membantu seseorang melihat suatu masalah dari sisi yang berbeda. Doodles juga sangat efektif sebagai alat komunikasi disamping kata-kata dan bahasa verbal.

🌻 Bagi anak-anak dan dewasa, menambahkan suatu bagian atau merubah sedikit garis pada gambaran atau doodles nya secara berkesinambungan dapat merubah sikap individu tersebut. Menggambar bentuk-bentuk tertentu dengan ukuran berbeda dan letak gambar juga dapat mempengaruhi karakteristik seseorang tersebut baik anak-anak maupun orang dewasa.

Doodles bagi anak-anak dapat membantu untuk melatih :

1.Pengembangan pribadi 
Doodles memberi kesempatan pada anak-anak untuk berkreasi, menghargai dan membentuk diri, dengan menciptakan suatu seni, anak-anak dengan sendirinya akan terbangun percaya dirinya.

2.Pengembangan fisik
Memberi anak-anak kesempatan untuk terlibat dalam aktifitas seni akan membantu melatih motorik halusnya, koordinasi mata dan tangan serta ketangkasannya.

3.Pengembangan otak
Doodles dapat merangsang sel-sel otak, mengembangkan daya ingat, imajinasi dan ide atau pendapat sendiri karena pada dasarnya seni menggunakan seluruh otak dan merangsang kreatifitas.

4.Alat komunikasi
Doodles dapat membantu anak untuk mengekspresikan perasaan dan pemikirannya yang dirasa sulit diungkapkan dengan kata-kata.

5.Terapeutik 
Doodles termasuk warna dapat memfasilitasi emosi baik positif maupun negatif dan menyalurkannya keluar. Sehingga ketika doodles dilakukan secara rutin dan berulang maka akan dapat membentuk atau merubah, apabila doodles disesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam Pendidikan

Dalam pendidikan, grafologi dapat sangat bermanfaat terutama bagi para guru untuk :

●Identifikasi siswa
●Memantau kondisi para siswa, baik emosi, fisik
●Bagaimana siswa menyerap informasi atau pelajaran
●Apa yang diungkapkan siswa melalui goresannya terutama bagi siswa yang merasa terkendala dalam komunikasi verbalnya.
Tidak hanya bagi guru, diharapkan manfaat yang lebih besar akan dirasakan justru bagi para siswa, karena bila siswa dapat dipahami kebutuhan belajarnya, bagaimana gaya belajar mereka, serta apa kendala yang yang mungkin mereka rasakan dan hadapi namun tidak mampu mengutarakannya secara verbal, maka dengan sendirinya siswa akan merasa aman dan diterima dengan cinta dalam lingkungan belajarnya, dapat berprogres dan berkembang dengan percaya diri sesuai kekuatannya dan keunikannya masing-masing.

Parenting ( Pola Asuh )

Ada berbagai macam cara untuk melatih kreatifitas orangtua sekaligus mengamati atau observasi perkembangan anak anda dan keluarga, salah satunya dengan memahami secara umum dan praktis tentang grafologi. Grafologi dapat menjadi alat atau tools yang multifungsi dalam keluarga, kegunaannya tidak hanya untuk mengetahui bagaimana perkembangan anak anda, tetapi juga dapat melatih kreatifitas anda sebagai orangtua serta mencari dan menemukan kesepakatan dengan pasangan anda terutama dalam pola asuh atau parenting.    

Grafologi juga dapat menjadi alat bantu dalam penerapan home education atau pendidikan rumah bagi seluruh keluarga karena belajar adalah hak, bukan kewajiban yang menjadi beban.

Observasi perkembangan anak dirumah dan diluar rumah. Lembaga pendidikan diluar rumah adalah penunjang dan kepanjangan tangan dari orangtua sebagai pendidik utama seorang anak bukan sebaliknya dan bukan pula pengganti.

Rumah adalah sekolah pertama dan utama bagi anak dan keluarga.

1.    Perhatikan bagaimana anak cenderung memilih aktifitas dan belajar

• Melihat/menonton, membaca, kemudian meng copy sesuai yang ia lihat, gambarannya penuh warna dan bentuk, berarti besar kemungkinan ia memiliki kecerdasan dan gaya belajar visual.

• Banyak gerak, tidak bisa duduk manis terlalu lama, suka "bikin bikin" dan atau menggambar tapi tidak terlalu suka mewarna atau mewarnai berantakkan seta tidak lama menggambarnya, sulit tidur siang atau malam kecuali ketiduran atau kelelahan, picky eater, berarti besar kemungkinan ia memiliki gaya belajar dan kecerdasan bodily dan tactile kinesthetic.

• Cepat hafal nada, lirik lagu, dan men copy perkataan, cukup mampu duduk manis dan cukup lama fokus pada kegiatan disatu tempat tanpa membutuhkan banyak gerak dan banyak benda, maka besar kemungkinan ia memiliki kecerdasan dan gaya belajar auditory.  

Yang umumnya muncul adalah kombinasi dari dua gaya belajar, sedangkan kecerdasan majemuk atau multiple intelligence bisa lebih dar dua yang kuat.

2.  Perhatikan bagaimana anak anda dikeramaian dan atau dilingkungan yang asing baginya, langsung terjun dan bergaulkah dia?

• Bila ya maka besar kemungkinan ia extrovert dan bisa jadi memiliki kecerdasan interpersonal pula dimana ia mampu atau tidak membutuhkan waktu yang lama untuk berelasi dengan orang lain yang baru pada hari itu juga.

• Bila anak anda membutuhkan waktu yang lama dan observant atau terdiam dan memperhatikan sekeliling atau mungkin bahkan tidak merasa nyaman dan menjadi emosional dikeramaian atau dilingkungan baru ditambah banyak orang asing, maka besar kemungkinan ia seorang yang introvert yang membutuhkan waktu sampai ia merasa nyaman dan memilih untuk hanya bersama dengan segelintir orang terdekatnya.

• Bila anak tidak membutuhkan banyak usaha kita untuk mengingatkan dan mengajarkan kewajibannya sehari-hari dan hal-hal yang menyangkut kepentingannya dengan kata lain cepat mandiri, hanya perlu pembiasaan yang tidak terlalu lama maka ia sudah mandiri melakukan hal-hal untuk dirinya maka besar kemungkinan ia memiliki kecerdasan intrapersonal, dimana seorang memiliki kesadaran akan kepentingan atau keperluan dirinya dan terlihat cepat mandiri, umumnya intrapersonal akan bertentangan dengan interpersonal.

3.   Perhatikan kepekaan sensorinya

•  Apakah ia "jijikan" dan atau picky eater? Bila ya berarti perlu dilatih sensori taktil atau sentuhannya namun tidak perlu pada semua dan tidak perlu dipaksakan.

•  Apakah ia terganggu dengan adanya banyak orang dan terhadap bising? Bila ya, berarti ia sensitif visual dan auditorinya maka hindari atau kurangi kegiatan yang melibatkan banyak orang dan suara bising.

• Apakah ia sensitif terhadap bau-bauan dan sering merasa terganggu? Bila ya, maka ia sensitif sensori penciumannya, bila penting bagi keluarga anda untuk bisa menerima bebauan maka ajarkan perlahan tapi juga dibutuhkan toleransi kita padanya karena bagaimanapun tidak bisa dipaksakan.

• Apakah ia mudah kehilangan keseimbangan, terjatuh dan fisiknya seolah rawan? Bila ya, maka ia perlu dilatih sesnsori proprioceptive dan vestibularnya dengan olah raga dan atau kegiatan yang melatih koordinasi keseimbangan tubuh dan mata, bisa dengan olahraga renang, bersepeda, dance atau menari, dan gymnastic.

Doodles dalam keluarga, sejak anak mulai suka mencorat coret, dapat sangat efektif untuk mengetahui :
● Kecenderungan minat anak
● Kesiapan anak untuk eksplorasi lingkungan diluar lingkup lingkungan keluarganya
● Kondisi emosi anak
● Introvert atau ekstrovert
● Energi fisik anak
● Kepercayaan diri anak
● Kreatifitas dan imajinasi

Grafologi dalam keluarga dapat sangat efektif untuk mengetahui :
● Motivasi
● Kondisi emosi
● Karakter
● Energi fisik
● Introvert atau ekstrovert
● Kecenderungan cara berfikir
● Interaksi sosial

TIPS MEMBACA ARTI CORETAN ( DOODLES ) ANAK 
Begitu anak anda yang berusia sekitar 2-5 tahun sudah mampu memegang alat tulis ataupun lukis, kita dapat mengetahui apa yang sedang ia sampaikan mengenai dirinya sendiri.

Sebelumnya :
•  Biarkan anak anda menggambar apapun yang ingin digambarnya
•  Sediakan alat-alat dan media gambar yang ada yang dimiliki
•  Biarkan anak memilih warna dan mewarnai sesuai pilihannya

Anda dapat mengamatinya sendiri dirumah melalui hal-hal berikut ini :

1.  Apakah si kecil senang bereksperimen?

Bila ia bereksperimen dengan beberapa alat tulis maupun gambar yang disediakan dihadapannya, maka ini menandakan bahwa si kecil memiliki keingin tahuan yang besar terhadap hal-hal baru, ingin mencoba hal-hal baru yang menarik baginya, begitupun keinginannya untuk mengeksplorasi lingkungannya maupun lingkungan yang baru baginya. 

Sebaliknya, apabila si kecil memilih hanya satu benda atau alat tulis maupun gambar yang ada dihadapannya dan mengabaikan alat tulis lainnya, maka kemungkinan besar ia memiliki kebutuhan yang kuat akan rasa aman dan nyaman baginya untuk mengeksplorasi apa yang menjadi ketertarikannya didalam lingkungannya sebelum akhirnya ia berani untuk bereksplorasi diluar lingkungan yang dikenalnya dan mengekspresikan dirinya keluar.

2.  Berapa banyakkah ruang dalam kertas yang digunakan?

Bila si kecil memenuhi hampir seluruh ruang dalam kertas kosong yang anda berikan, maka kemungkinan besar ia memiliki ketertarikan untuk pergi, melihat, melakukan banyak hal dan memanfaatkan dengan baik setiap ruang yang ada dalam lingkungannya berada. Ia cenderung adalah seorang anak yang extrovert, menikmati berada diantara banyak orang atau teman, karena bagi seorang anak yang ekstrovert berada diantara banyak orang justru membuatnya mendapat energi yang lebih besar dan ekspresif. 

Sebaliknya, apabila si kecil lebih senang menggambar/melukis di bagian tertentu pada kertas, dan gambarnya pun tidak begitu besar, maka ia cenderung introvert yang justru bila berada diantara banyak orang energi dan konsentrasinya akan melemah seiring kemampuannya berekspresi, seorang anak yang introvert akan lebih senang atau bisa menikmati kesendiriannya hanya dengan orang-orang terdekatnya yang membuatnya merasa aman/nyaman, dengan kata lain bila ia harus bekerja seorang diri hal itu tidak menjadi masalah baginya, atau justru akan membuatnya lebih leluasa dalam berekspresi, kreatif dan berenergi.

3.  Apakah si kecil suka menggunakan banyak warna atau sebaliknya?

Seorang anak yang memilih untuk menggunakan banyak warna dalam menggambar menandakan semangatnya yang besar untuk mengeksplorasi banyak hal baru maupun lingkungannya termasuk lingkungan yang baru, dan bila didukung dengan ukuran gambar yang juga cukup besar, maka sangat mungkin bahwa rasa percaya diri dan keberaniannya untuk mengekspresikan diri pada lingkungan luar yang lebih luas sudah mulai terbangun.

4.  Apakah si kecil tidak sabaran?

 Apabila si kecil seringkali menggambar dengan terburu-buru, terlihat berantakan, tidak suka detail dan sangat cepat selesai atau mengaku merasa sudah lelah padahal ia baru menggambar sebentar, maka kemungkinan besar bahwa ia kurang menaruh perhatian/kurang tertarik dengan hal-hal/kegiatan yang bersifat detail dengan ruang gerak yang dibatasi.

5.    Apakah si kecil senang menggambar?

Seorang anak yang senang menggambar pada medianya,menggunakan setiap ruang yang ada pada media gambar/lukis untuk diisi,berukuran cukup besar dan juga menyukai detail pada gambarannya, kemungkinan besar ia sudah siap untuk belajar menggunakan konsentrasi yang lebih dan bersosialisasi lebih luas seperti di sekolah, namun walau bagaimanapun juga sebaiknya tetap dipantau dan didampingi dalam perkembangan kreatifitasnya agar kemampuan anak dalam berekspresi dapat maksimal dalam menghasilkan karya-karyanya yang positif seiring dengan kemampuannya beradaptasi disekolah seperti yang diharapkan baik oleh orangtua dan terutama oleh anak itu sendiri.

TIPS MEMBACA TULISAN TANGAN ( GRAFO )

Aku suka sendiri VS Aku ingin selalu bersama teman
Spasi ; menterjemahkan reaksi anda terhadap lingkungan, mudah atau tidaknya anda beradaptasi dan bersosialisasi. Spasi yang lebar atau berjarak berarti anda lebih suka menyendiri terutama saat anda sedang ada permasalahan, anda cenderung introvert atau tertutup dalam hal - hal yang bersifat pribadi. Spasi yang berdekatan atau sempit berarti anda merasa nyaman bila dikelilingi bersama diantara teman - teman dan mudah beradaptasi serta berbagi banyak hal bersama, cenderung ekstrovert.

Antusias VS Apatis
Garis Dasar ; menterjemahkan bagaimana semangat anda dalam menjalani keseharian dan kegiatan anda. Antusiasme ada pada garis dasar tulisan yang menanjak, sedangkan Apatisme ada pada garis dasar tulisan yang menurun.

Bulat VS Tajam
Bentuk huruf ; huruf - huruf yang bulat mengartikan anda seorang yang mudah bersosialisasi dan beradaptasi dan bukan pemikir yang berat. Sedangkan huruf - huruf yang tajam mengartikan anda seorang yang logis dan berfikir analitis atau kritis dan tidak begitu cepat dalam beradaptasi atau memulai sosialisasi.

🌻 Usia memasuki 7 tahun   
Pada usia 7 tahun, sangat wajar apabila tulisan anak anda masih kurang rapih dan kurang beraturan bentuknya,hal tersebut dikarenakan perkembangan neuromuscular anak pada usisa ini belum matang,itu sebabnya pada usia ini anak diajarkan mencetak/menjiplak bentuk-bentuk huruf atau tulisan untuk mempermudah serta melatih kemampuan otot anak dalam menulis.  

Kebanyakan anak diusia awal sekolah umumnya memiliki tulisan yang besar,canggung dan menurun. Anda tidak perlu khawatir karena diusia ini selain anak-anak sedang berlatih dan mematangkan otot-otot tangannya yang memang belum berkembang secara sempurna membuat mereka lebih cepat merasa letih dalam menulis apalagi tulisan yang banyak/panjang,namun anda akan melihat kemajuan yang bertahap pada anak-anak anda seiring usia mereka.       

🌻 Usia pra remaja hingga remaja ( 12 - 18 tahun )
Diusia ini sangat umum bagi anak-anak yang sebelumnya memiliki tulisan tangan yang lebih rapih mendadak menjadi kurang rapih dan terlihat lebih berantakan. Tidak perlu terlalu cemas karena secara teori tubuh anak diusia ini mengalami perubahan-perubahan hormonal, hal ini berpengaruh juga pada tulisan tangan anak anda. 

Uniknya, disaat yang sama pula biasanya orangtua ataupun guru merasa anak atau murid mereka lebih sulit dipahami dan emosi mereka dapat berubah dalam sekejap tanpa sebab yang pasti yang mereka sendiri tidak mengerti kenapa. Namun hal ini akan berangsur menjadi stabil seiring pertumbuhan usia dan fisik mereka dan kemudian mereka akan lebih memahami diri mereka sendiri secara bertahap.

Demikian penjelasan mengenai grafologi termasuk didalamnya, doodles. Serta manfaat dan kegunaannya baik dalam dunia pendidikan maupun parenting. Anda dapat menggunakan tips praktis untuk mengamati grafo dan doodles yang sudah saya ringkas diatas.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Laksmira Ratna Bayuardi, Dip.Child Psy.,MHA

TANYA JAWAB

1.Mama Naila













Tanya : Ini gambar anak saya usia 5 thn. Kira-kira artinya apa ya Mba Mia?
Jawab : Memiliki logical thinking yang mulai berkembang dan dieksplorasi, kritis dan kinestetik taktil
Tanggapan (1) : kinestetik taktil itu maksudnya apa mbak?
Jawab : Kinestetik ada 2 yaitu body dan taktil, body berarti dia harus banyak bergerak karena itu bakatnya dan cara belajarnya sehingga.ia belajar dengan baik justru dengan banyak gerak seperti atlet. Taktil berarti tangan dan sentuhannya harus selalu sibuk seperti menggambar, prakarya, berkebun, masak, karena begitulah cara ia belajar dan sekaligus kekuatannya
Tanggapan (2) : iya benar mbak,tapi kayaknya anak saya dua2 sih berjalan,otak kanannya lbh dominan. Anak saya kebetulan kidal.
Jawab : Pasti keduanya dimiliki, hanya ada yg lebih menonjol. Begitupun gaya belajar yg lainnya, umumnya anak memiliki gaya belajar lebih dari 1

2. Mama Annisa
Tanya : a. Grafologi dan terapeutik itu bagaimana ya Mba Mia?
            b. Terlampir gambar Aisyah 4 thn,kira-kira artinya apa ya Mba?
Jawab :
a. Grafologi adalah analisa tulisan tangan dan terapeutik berarti bila dilakukan secara rutin akan dapat merubah menjadi lebih baik atau sesuai tujuan √
b. Sedang eksplorasi menulis tetapi kurang termotivasi
Tanggapan (a) : Jadi bila tulisan or gambar diperbaiki bisa menjadi perubahan ke yg lebih baik ya Mba... Maa Syaa Allaah menarik.
Tanggapan (b) : Memang belum ku ajari menulis mba.
Jawab : tidak apa bisa memang belum semestinya, neuro akan siap dengan kegiatan yang fokus dengan motorik halus diusia 7th keatas

3. Mama Helena
Tanya : Ini hasil mewarnai Sher 3,5 th. Sekarang ini dia Suka tracing huruf atau Cari jalan dari A ke B tapi enggak mau pakai alat tulis. Hanya pakai jari.



Jawab :  Tidak apa2 sedang eksplorasi, ini juga taktilnya kuat karena ia pilih jarinya langsung yg melakukan tugas tracing, visualnya juga kuat, jadi ada 2 gaya belajar yg menonjol yg terlihat
Tanggapan (1) : Kalau pemilihan warna dalam mewarnai, apa Ada maknanya? Kadang gelap semua. Kadang cerah ceria
Jawab : Untuk usia dibawah 10th masih preferensi dan eksplorasi, tidak apa, hanya dibimbing saja ke warna yg lebih cerah apabila terlalu sering memilih warna hitam atau terlampau gelap

4. Mama Asti
Tanya : Boleh ikutan kasih lihat gambar Fira,  4 tahun,  2 bulan ya,  Mbak Mia


















Jawab : Bila gambar seperti ini cukup sering yaitu tubuh dengan wajah yg lengkap maka ia mulai tertarik utk bersosialisasi
Tanggapan (1) : meski blm sempurna anggota tubuhnya,  ya.  mbak?
Jawab : Jangan dilihat bagus tidaknya dari mata orang dewasa ya bu 😁 tp kelengkapannya
Tanggapan (2) : hehee,  iya mbaak.  Terima kasih banyak.  Jd saya harus melakukan apa mbak? utk waktu bermain di luar,  saya sediakan.  Tapi saya beri batasan waktunya.  Iya,  ada byk video dan foto saat Fira sdg bermain.  Paling senang memperhatikan anak anak bermain
Jawab : Betul bu, sampai sekarang saya jg masih suka mengamati anak2 saya bermain dan berinteraksi, krn dari bermain mrk belajar dg cara terbaik

5. Mama Irma
Tanya : Terlampir tulisan tangan Hafiza usia hampir 5 thn..












Ini ceritanya ia pertama kali membuat surat utk ayahnya "Untuk ayah terimakasih ya sudah jagain bunda dan fiza".
Adakah artinya ?

Jawab : Masih ingin eksplorasi pada kinestetik body nya bu, energinya besar aktifitas fisiknya lebih banyak, belum siap utk duduk manis menulis atau menggambar utk waktu yg agak lama
Tanggapan (1) : MasyaAllah bener bangeeett mba. Anak saya memang ga betah duduk manis. Slalu aja ada yg dikerjakan. Jadi anak saya ini termasuk yg gaya belajarnya kinestetik ya mba? sebaiknya seperti apa ya cara belajar yg cocok utk anak saya?
Jawab : Kalau kinestetiknya body maka banyak olahraga atau games yg berkaitan dengan olah tubuh
Tanggapan (2) : Kinestetik itu ada berapa macam mba ?
Jawab : ada 2.
Gaya belajar itu ada 3 yg termasuk juga dalam multiple intelligence.
Yaitu : Visual : picture&text
           Auditory : musical&sequence
           Kinesthetic : body&tactile

______________________

Kulwap dipandu dan dirangkum oleh Kak Harty

Terima kasih :)

-SELESAI-



No comments:

Post a Comment

Pages