Ruang Mama Online 02: Fakta Seputar Gigi Anak

Ruang Mama Online 02
Rabu, 31 Oktober 2018
Jam: 20.00-21.30 WIB



MATERI

"Seputar Fakta Gigi Anak"
Oleh drg Laila Novpriati










TANYA JAWAB


 1. Mama Mada


TANYA :
Kak Harty mau ikut nanya buat kulwapnya yaaa hehe. Minggu lalu saya pertama kalinya ngajak Mada (4,5 tahun) ke poli gigi di puskesmas jagakarsa. Mau ngecek gigi Mada yg bolong. Mada cukup kooperatif, mau duduk di kursi yg tiduran itu, mau mangap lebar dan ngobrol sama dokter giginya. Tapi pas mulutnya mau disemprot/dibersihin dokter, dia gak mau. Gigi bolongnya belum parah sih. Tiga bulan lagi kudu balik cek gigi.

Berapa sih budget yg harus disiapin ke dokter gigi anak ? Sebaiknya cek gigi ke poli gigi puskesmas atau dokter gigi anak? Karena, imej dokter gigi anak itu pasti biayanya mahal.

Nuhuuun


JAWAB :
Halo mama mada terima kasih pertanyaannya 😊


Saya coba menjawab yaa

Untuk pertemuan pertama anak ke dokter gigi memang sebaiknya hanya perkenalan saja dan anak bisa terbiasa dengan suasana di dokter gigi sambil drg bisa menjelaskan cara menyikat gigi yg baik dan benar ke anak dan jg orgtua. Makanya sebaiknya bawa anak rutin kontrol setiap 3 - 6 bulan ke dokter gigi tidak menunggu pas sakit atau sudah ada lubang. 

Jadi mada sudah mau duduk sendiri di kursi perawatan sudah awal yg baik (perlu diapresiasi) .  Namun untuk kunjungan pertama kalau saya pribadi saat menangani pasien anak, tidak lsg memaksakan anak (kecuali ada kasus emergency yg perlu ditindak saat itu) ,  saya perlahan kenalkan ke anak dengan cara yg menyenangkan, misal lihat yuk bu dokter punya kaca untuk gigi nih liat yuk,  lalu perlahan kenalkan alat lain,  kalau anak tidak menunjukkan rasa takut baru perlahan dikenalkan dengan bur dll.

Kalau untuk gigi depan bila anak memungkinkan ditambal sebaiknyaa ditambal, tujuannya agar lubang tidak meluas (karena gigi tsb baru akan diganti gigi tetap umur 6 - 6.5 tahun) 

Untuk pilihan ke dokter gigi memang dikembalikan ke pilihan orangtua masing2, kalau budget mungkin bisa lsg ditanyakan ke drg atau klinik yg dituju,  krn seharusnya pasien berhak mengetahui apa saja yg akan dilakukan termasuk biaya perawatan sebelum tindakan dilakukan. Saran saya memang cari dokter gigi/klinik gigi yang ramah anak , karena penting jg anak tidak memiliki trauma ke dokter gigi. 

Yang penting jg orgtua aware untuk selalu menjaga kesehatan gigi anaknya,  dengan rutin menyikat gigi 2x sehari,  pagi dan malam sebelum tidur. 
Tidak memberikan anak dot sebelum tidur (penggunaan dot maksimal umur 2 tahun) 
Dan berbagai pencegahan lain sprti yg sudah saya share di slide 😊

2. Harty



TANYA :
 a. Kapan dikatakan gigi anak wajib mendapatkan perawatan behel?adakah tips khusus merawat gigi ber"behel" khususnya untuk anak2?

 b. Apa benar gigi susu anak yang mendapat perawatan "crown gigi" (yg langsung dipakai menyelubungi gigi susu warna silver) jika gigi susunya tanggal crown ini akan otomatis tanggal?

 c. Apa akibatnya jika dosis pemberian pasta gigi melebihi ketentuan?kalo boleh tahu klo dosis pasta gigi untuk dewasa seberapa banyak ya Dok?

Terimakasih bnyk sblmnya Dokter Laila..😊


JAWAB :
Saya coba jawab yaa


1.Wajib pakai behel saat ada kelainan di lengkung gigi (gigi gingsul,  gigi berjejal/bertumpuk) 
Atau ada kelainan rahang/skeletal (rahang atas/bawah posisi nya lebih ke depan dari batas normal). Perlu konsultasi lsg terlebih dahulu ya ke dokter gigi

2. Iya benar mom

3. Bisa terjadi fluorosis atau tampilan warna bercorak putih di gigi.  Dosis pasta gigi dewasa sepanjang bulu sikat gigi yaa. 


Gambar fluorosis


Semoga menjawab..


3. Mama Tsaqief

TANYA :
Selamat malam Dokter, maaf dari tadi belum mengenalkan diri, hehehe, mama tsaqief,, maaf dokter, mau tanya, misal gigi sudah terlanjut hitam hitam semua di gigi susu, baiknya diberi perawatan apa ya, ini berkaca pada diriku jaman dulu, hitam parah hehehe, terima kasih sebelumnya


JAWAB :
Halo mama Tsaqief,  sebaiknya dicek langsung di dokter gigi ya mom untuk lebih jelasnyaa. 

Kalau sudah hitam semua perlu diobservasi lebih lanjut apakah ada yg membuat infeksi lanjutan (bengkak di gusi), bagaimana pertumbuhan gigi tetapnya.  Biasanya kalau gigi susu sudah hitam semua akan ada gangguan jg di gigi tetapnya baik itu posisinya atau struktur nya,  jd perlu diobservasi lebih lanjut,  sambil menjaga kebersihan giginya jg hrs maksimal agar tidak memperparah keadaan

4. Ade


Anak saya susah sekali disuruh sikat gigi. Kalaupun mau, semaunya ga bersih. Di daerah yg saya lihat masih banyak sisa makanan, saya tawarkan bantuan agar dibersihkan tidak mau.
Gigi anak saya termasuk yang sudah rapuh/ patah di usianya yang baru mau 3 tahun. Saya sudah menawarkan ke dokter gigi, dia selalu ga mau. Pernah sekali ke dokter gigi, nangis terus. Saya bingung.
Gigi bawah yang tadinya terbilang masih bersih, sekarang sudah mulai seperti giginya yang atas.

Pertanyaan saya
1. Bagaimana menghadapi anak yang susah diajak kerjasama merawat gigi?
2. Apa benar fungsi GC Tooth Mousse bisa menunda gripis atau fluorosis?


JAWAB :
Iya untuk yang pertanyaan sikat gigi saya harus konfirmasi lagi,  karena kadang kita sudah lsg menyimpulkan "anak saya  gamau sikat gigi dok"

Jadi bisa coba kita ingat lagi apa saja cara yang sudah dilakukan agar anak kita tertarik menyikat gigi. 
Misal : mengajak sikat gigi bersama,  membacakkan cerita tentang gigi,  bermain peran dll,  menyikatkan gigi boneka kesayangannya dsb. Atau sambil bernyanyi 
Bisa pilih cara yang disukai anak,  insya allah kalau dilakukan dengan menyenangkan anak akan mau,  dan lama2 akan timbul kebiasaan dr anak. Jadi memang ga otomatis anak mau lsg rutin sikat gigi,  perjuangan kesana memang penuh ikhtiar 😂😂 semangaat mom adeee 💪💪💪

Untuk pertanyaan nomer 2 kurang etis rasanya kalau saya merekomendasikan salah satu merk 😂😂 namun kalau dari kandungannya memang baik untuk proteksi gigi


5. Hernita

TANYA : 

Malam dok,,saya mau tanya
1. anak saya yg kecil usia <2thn belum mau sikat gigi,,jadi hanya sedikit saja sikat gigi masuk sampai k gigi depannya dan belum menggunakan pasta gigi juga,,
Bagaimana ya dok mensiasati nya?

2. Apakah aman menggunakan pasta gigi yg ada rasanya, seperti strawberry/jeruk? Takut tertelan.

3. Anak saya yg besar usia 6thn belum pernah ke dokter gigi, tapi kondisi giginya cukup baik,, sebaiknya perawatan apa yg pertama kali dilakukan saat ke dokter gigi ya dok?
Terima kasih ya dok🙏


JAWAB :
Halo mom hernita salam kenal yaa


Saya coba jawab:

1. Tidak apa2 mom yang penting dibiasakan secara rutin, diapresiasi saat sudah mau disikat giginya, perlahan ditingkatkan disikat jg bagian belakang. 

2.Asal dosis selapis tipis seharusnya aman. Bila khawatir bisa gunakan pasta gigi yang organik

3. Bisa dilakukan pembersihan karang gigi atau pengecekan apa ada gigi yang berlubang, dan apa perlu tindakan pencegahan agar gigi tidak berlubang (dilakukan oleh drg)


6. Harty

TANYA :
a. Adakah referensi buku anak yang bertema tentang gigi yang bagus dan mujarap biar anak semangat gosok gigi Dok?

b. Idealnya kita melakukan perawatan karang gigi baik untuk anak dan dewasa berapa kali dalam setahun ya Dok?


c. Oiya Dok adakah tips apa yang harus kita lakukan jika anak sakit gigi malam2?apa kumur2 air garam atau bagaimana dok?pertolongan pertamanya Dok..😊🙏


JAWAB :
a. Buku "Berani ke Dokter Gigi" dan "Gigiku Sehat dan Kuat" dari Kejora

b. Idealnya 6 bulan sekali ya sekaligus kontrol kalau ternyata ada lubang2 kecil,  krn lubang kecil tidak terasa sm kita, krn baru terasa saat sudah kena syaraf,  kalau sudah kena saraf perawatannya akan lebih rumit dan pasti biaya lebih besar

c. Tipsnya : ortunya jangan ikutan panik dan jangan malah menyalahkan anak 😂😂 "tuh kan kamu sih males sikat gigi". Kasiannya dobel soalnya udah sakit gigi,  harus diomelin juga 😂😂😂 haha ini intermezzo aja yah buibu biar santai 😂😂


Pertolongan pertama sih sedia obat anti nyeri ya, boleh jg kalau mau kumur2 air garam, setelah mereda ajak diskusi anak (disesuaikan usia) dan jadwalkan dengan drg (kalau bisa kita sudah kenal drg nya jadi bisa briefing ke anak, cari rekomendasi jg) .

Tapi mudah2an yg di grup ini gaada yg mengalami yaa kan sudah ikut kulwapmalam ini jd sudah punya mindset mencegah lebih baik hehe 💪💪😊😊

______________________

Kulwap dipandu dan dirangkum oleh Kak Harty

Terima kasih :)

-SELESAI-






No comments:

Post a Comment

Pages