#temanmain17 : Fly to The Sky


Visit to Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta


Hallo Sahabat Teman Main..

Siapa yang pernah naik pesawat..? Saya...!
Berapa kali naik pesawat..? Seriiing...! 
Kapan terakhir kali naik pesawat..? Lebaran kemarin :D

Sudah tahu donk ya bahwa pesawat yang selama ini Teman semua naiki termasuk pesawat komersil, alias dapat dinaiki oleh siapa saja asal sudah membeli tiket resminya.

Pada Kamis (12/07) lalu akhirnya Teman Main berhasil mengajak Teman semua untuk mengunjungi Landasan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta. Tentunya semua peserta yang ikut juga merasakan naik pesawat yang sedang parkir di landasan tersebut. Sudah pasti bukan pesawat komersil ya melainkan pesawat TNI Angkatan Udara :)

Penasaran seperti apa keseruannya? Yuk disimak..

***

Ice Breaking & Opening

Tepat jam 9 pagi semua sahabat Teman Main plus Mama Papa sudah berada di titik kumpul yang telah disepakati. Sungguh luar biasa komitmennya untuk datang tepat waktu. Seluruh peserta diantar oleh 2 Bus Angkatan Udara menuju landasan udara Skadron 17.
Sesampainya di landasan, kami langsung menuju hanggar Skadron Udara 17, dimana pesawat yang berada di skadron ini merupakan pesawat dengan penumpang VIP/VVIP. Wahh, keren yaa..

Nah sebelum mulai kegiatan kita kumpul dulu donk buat ice breaking sejenak sekaligus yel-yel yang dipandu oleh Kak Ranti.

Teman Main.. SIAP!
Teman Main.. HEBAT!
Teman Main.. Explore and.. FUN...!

Kemudian Pak Kapten L memberikan pengarahan serta pengetahuan tentang hal-hal yang berhubungan dengan Angkatan Udara di Indonesia, diantaranya jenis-jenis skadron yang ada di Lanud Halim Perdanakusuma.

Skadron berasal dari Bahasa Belanda, Squadronadalah satuan dalam angkatan udara yang biasanya terdiri dari 12 sampai 24 pesawat, tergantung jenis pesawat dan negara. (Sumber : Wikipedia)

Sebagai informasi, terdapat 4 Skadron yang berada di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, antara lain Skadron Udara 12, Skadron Udara 17, Skadron Udara 31 dan Skadron Udara 45.

Masih ingat kita berada di Skadron Udara berapa? Yes, Skadron Udara 17!

Skadron Udara 17 adalah sebuah skadron udara VIP/VVIP (Pesawat Kepresidenan Indonesia) yang berada di bawah pelaksana operasional Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma. Skadron Udara 17 dibentuk berdasarkan keputusan KSAU (dulu menteri Panglima Angkatan Udara) No. 31 tanggal 1 Agustus 1963 yang berkedudukan di Lanud Halim Perdanakusuma. (Sumber : Wikipedia)

So, buat Teman-teman yang ikutan field trip "Fly to The Sky" kemarin dijamin beruntung. We've got an access card :D


Exploring Air Force Base

Lanjut, sekarang saatnya kita intip seperti apa dalam pesawat VIP di Skadron Udara 17 ini. Eittss, ternyata Teman-teman bukan hanya bisa mengintip lho tapi sekaligus bisa naik pesawatnya langsung! Waahh ga penasaran lagi deh, bener-bener puas.

pesawat jenis Boeing

Dan bukan hanya 1 jenis pesawat yang Teman-teman bisa dinaiki, Teman Main diberikan akses untuk naik 2 jenis pesawat yang berbeda, yaitu Boeing dan Hercules.

pesawat jenis Hercules


Ada yang bisa nebak perbedaan kedua pesawat AU tersebut? :D

Waktu itu Teman-teman merasakan sensasi yang berbeda dari kedua pesawat tersebut. Kebetulan untuk pesawat jenis Boeing kami naik dari sisi samping, sedangkan jenis Hercules kami merasakan naik dari sisi belakang badan pesawat. Selain itu terdapat juga ciri khas yang mencolok, jika pada pesawat Boeing memiliki kursi penumpang yang cukup banyak (tidak sebanyak pesawat komersil ya), lain halnya dengan pesawat Hercules yang tidak terdapat kursi penumpang dalam posisi memanjang. Kebanyakan kursi dalam pesawat Hercules di desain melingkar dengan tersedia meja di depannya, terasa lebih exclusive.

Sebelum lanjut kegiatan berikutnya kita foto bersama dulu..


Visiting Museum & Watching Movie in Mini Theatre

Next, Teman-teman menuju ke Museum Lanud Halim Perdanakusuma dengan menggunakan bus AU yang tetap setia menunggu.

Ada apa aja di Museum Lanud?

Disini Teman-teman dapat melihat berbagai miniatur pesawat dari masa ke masa, miniatur lanud serta dokumentasi berbagai peristiwa sejarah dalam dunia Penerbangan Indonesia.



Dan terakhir Teman-teman diajak menonton film dokumenter di Mini Teater Museum Lanud. Seru lho nonton aksi pesawat di udara, ada acrobatic airplane-nya juga. 


Lunch & Giveaway 

Setelah cukup banyak menghabiskan energi berkeliling lanud hingga museum tour, Teman-teman dapat menikmati makan siang bersama sambil bagi-bagi hadiah dan juga sertifikat.

Gimana udah puas donk yaa :D

Di akhir acara, playdate #temanmain17 ditutup dengan foto bersama (lagi) sebelum semua peserta pulang ke rumah masing-masing. Alhamdulillah..


Akhir kata, terima kasih Teman-teman, Mama, Papa sudah ikut berpartisipasi. Semoga pulang bawa ilmu dan pengalaman yang bermanfaat ya..

Serta terima kasih banyak kepada semua pihak Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta atas kerjasamanya. Sukses selalu untuk Angkatan Udara Indonesia.

Kami semua senaaang..

Cek videonya di channel Youtube Teman Main (klik disini)
Jangan lupa subscribe ;)

Sampai jumpa main-main selanjutnya sahabat Teman Main..


TEMAN MAIN
Explore.. and.. FUN..!

(*)

#temanmain17
12 Juli 2018














No comments:

Post a Comment

Pages