#temanmain10 : KidZania Time




Bermain Peran yang Menyenangkan


Hallo sahabat Teman Main..

Siapa yang di rumah suka main dokter-dokteran, polisi-polisian, koki-kokian dan profesi lainnya? 
Ternyata bermain peran atau pretend play sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan dan kreativitas anak lho.

Nah gimana kalau bermain perannya menyerupai profesi aslinya? pasti lebih seru ya! 

Stay tune for the review!



Waktu posting foto-foto keseruan playdate #TMevent10 di instagram banyak sekali DM yang masuk menanyakan biaya dan teknis bermain di KidZania. So, artikel ini juga akan memberikan informasi yang berkaitan dengan theme park di Jakarta ini. Semoga bermanfaat :) 


***

Awal diadakannya #TMevent10 ini sebenarnya bersifat private playdate karena memang Teman Main (TM) tanpa sebar flyer di media sosial. Kak Ranti saat itu iseng mengajak teman-teman member #temanmainjkt dan non member yang tergabung di Grup WhatsApp Teman Main. Alhamdulillah responnya bagus sehingga kami bisa memanfaatkan harga promo khusus rombongan ;)

Syarat agar dapat harga khusus rombongan adalah minimal jumlah anak 15 orang (dewasa tidak dipermasalahkan). Berhubung pada event ini Teman Main Team lainnya tidak hadir maka ditetapkan jumlah peserta sesuai dengan minimal persyaratan saja, lebih tepatnya supaya lebih mudah koordinasinya :P

Berikut terlampir harga tiket masuknya (silakan zoom in - zoom out)


Setelah peserta rombongan kumpul maka petugas akan memasangkan gelang satu per satu kepada seluruh pengunjung (anak dan dewasa). Warna gelang disesuaikan dengan kategori usia (lihat foto diatas).

Kemudian masing-masing peserta anak dibagikan 1 buah cek yang harus ditukarkan dengan uang tunai 50 Kidzos (mata uang KidZania) ke Bank BRI yang lokasinya tidak jauh dari pintu masuk.

pembagian gelang



penukaran cek di BRI

Oh ya, sebelum masuk ke dalam, seluruh pengunjung harus melalui pengecekan barang seperti di airport yang menggunakan X-Ray :D

Peraturannya adalah dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam area KidZania, namun diperbolehkan membawa botol minuman yang dapat diisi ulang di dalam dengan air mineral.

Berhubung area KidZania sangat luas dan banyak sekali pilihan permainannya, maka pengunjung harus selektif dan memanfaatkan waktu semaksimal mungkin. 


Signage atau papan petunjuk ini adalah ketentuan jika anak ingin bergabung dalam permainan. Papan ini ada di semua titik jenis permainan. Umumnya tertera informasi singkat mengenai kegiatan, batas minimal usia anak serta uang yang didapat/dikeluarkan.

Uang yang didapat atau dikeluarkan maksudnya adalah permainan yang diikuti apakah menghasilkan uang (misal fireman, doctor, vault officer dll) atau mengeluarkan uang (misal department store, games room dll).

Setiap permainan berdurasi sekitar 15-25 menit. Sedangkan total lama bermain sudah dijadwalkan sesuai ketentuan, yaitu sesi 1 jam 09.00-14.00 dan sesi 2 jam 16.00-21.00 WIB. 

petunjuk lokasi permainan
Berikut rangkuman kegiatan yang terekam oleh kami.


Hospital as Doctor / Patient

Disini terdapat 2 peran yaitu dokter dan pasien yang ditentukan langsung oleh petugas. Jika anak sudah lebih besar maka akan diminta berunding dengan temannya.

Pertama yang dilakukan adalah semua anak berkumpul di suatu ruangan untuk diberikan pengarahan apa yang harus dilakukan. Kemudian peserta berpindah menuju TKP dimana pasien berada. Setelah itu dokter membawa pasien ke rumah sakit menggunakan ambulance.


Pengarahan

Pasien dibawa ke TKP :D



Nonton disini Video Doctor or Patient at Hospital KidZania 


Depository & Security Services as Vault Officer

Kalau disini ceritanya anak-anak jadi petugas pengamanan uang kas di suatu kota.
Dibagi menjadi 2 tim untuk pick up uang tunai di 2 tempat yang berbeda.

Sebelum mulai kegiatan semua peserta diberikan pengarahan agar dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Setelah uang cash berhasil dikumpulkan, mereka harus kembali ke kantor untuk menghitung seluruh asset yang sudah ditarik di kota tersebut :D

Pengecekan data
Pemasangan rompi petugas


Pengarahan
Siap menuju TKP

Fire Station as Fireman

Nah kalo permainan ini paling favorit seantero KidZania dan antriannya paling paaanjang.
Mungkin karena pengaruh weekend juga jadi otomatis pengunjung lebih banyak. 

Poin plusnya anak-anak jadi belajar sabar dan patuh dengan aktivitas antrian ini. Sabar sebelum mendapatkan apa yang mereka inginkan :D






Nonton disini Video Fireman at Fire Station KidZania


Ini hanya sebagian dokumntasi yang terekam oleh kami karena saat di lokasi semua peserta menyebar menuju permainan yang masing-masing diinginkan :D





Sampai ketemu playdate selanjutnya, sahabat Teman Main :) :)



TEMAN MAIN
Explore and FUN..!


(*)


Ditulis oleh Miranti



#temanmain10
26 Agustus 2017

No comments:

Post a Comment

Pages